Angka Universal Coverage Jamsostek Terus Meningkat, Wapres Anugerahkan Paritrana Award Tingkat Nasional

  • Bagikan
Wapres RI, Ma'ruf Amin (kedua kanan) menyerahkan penghargaan Paritrana didampingi Menaker Ida Fauziyah (tiga kiri), Menko PMK Muhadjir Effendy (tiga kanan) dan Dirut BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo (kiri) dalam Paritrana Award 2024, di Jakarta, Kamis (12/9/2024). (FOTO: Dok. BPJamsostek)

JAKARTA-Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Ma'ruf Amin menganugerahkan Paritrana Award kepada 12 provinsi, 11 kabupaten/kota, 3 desa, serta 13 pelaku usaha yang dinilai sukses mendukung implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek).

Bertempat di Plaza BPJAMSOSTEK, Kuningan, Jakarta, Penganugerahan Paritrana Award tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah mengakselerasi terwujudnya keadilan dan kesejahteraan sosial bagi pekerja Indonesia secara menyeluruh.

Memasuki tahun ke-7 penyelenggaraan Paritrana Award, capaian universal coverage jaminan sosial ketenagakerjaan terus mengalami peningkatan.

Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya menegaskan, pemerintah tengah bergerak untuk meningkatkan universal coverage Jamsostek. Pihaknya berharap pada tahun 2045, sebanyak 99,5 persen pekerja di Indonesia telah dapat terlindungi.

"Program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan wujud nyata hadirnya negara dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi pekerja dan keluarganya. Dalam upaya menuju Indonesia Emas 2045, salah satu pilar pembangunan yang hendak dicapai, yaitu pembangunan manusia melalui reformasi ketenagakerjaan. Pemerintah terus berupaya meningkatkan universal coverage jaminan sosial ketenagakerjaan," katanya.

Wapres juga menginstruksikan pemerintah daerah hingga ke tingkat pemerintahan terkecil, seperti desa/kelurahan untuk berperan aktif untuk memastikan setiap pekerja menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, terutama melalui optimalisasi program Jamsostek dan program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

"Mari bersama-sama kita dorong dan perkuat sistem jaminan sosial ketenagakerjaan agar seluruh pekerja dan keluarganya terlindungi dari berbagai risiko dan kerentanan, serta mempercepat perwujudan Kerja Keras Bebas Cemas bagi seluruh tenaga kerja Indonesia," tegas Ma’ruf Amin. 

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo menyebutkan, hingga saat ini jumlah peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan mencapai 39,2 juta pekerja atau meningkat 49,34 persen sejak awal Paritrana Award digelar. Hal itu menunjukkan komitmen dan sinergi yang kuat dari seluruh pihak, mampu mendorong terciptanya kesejahteraan bagi para pekerja.

"Sampai hari ini sebanyak 39,2 juta tenaga kerja telah terlindungi. Memang angka ini masih jauh dari jumlah penduduk bekerja Indonesia yang dapat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yakni sejumlah 101 juta pekerja. Dari total jumlah pekerja yang terlindungi terdapat 2,81 juta merupakan pekerja rentan," kata Anggoro.

Pekerja rentan, lanjut Anggoro, merupakan pekerja yang sangat membutuhkan perlindungan karena kerawanan dia dan keluarganya terjatuh dalam kemiskinan ekstrem, oleh karena itu BPJS Ketenagakerjaan terus mengajak semua stakeholder terkait dari pemerintah tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga desa bersama-sama mengupayakan perlindungan bagi pekerja rentan.

Sejalan dengan itu BPJS Ketenagakerjaan juga tengah memfokuskan strategi perluasan kepesertaan untuk menjangkau pekerja pada ekosistem desa, ekosistem pasar, UKM & E-Commerce serta pekerja rentan. 

Anggoro juga memberikan apresiasi kepada para penerima dan mengajak seluruhnya untuk terus berkolaborasi lebih baik lagi, agar para pekerja Indonesia bisa Kerja Keras Bebas Cemas.

"Kami menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para penerima penghargaan Paritrana Award. Semua upaya kita pada akhirnya untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja baik pekerja untuk mewujudkan Universal Coverage Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Indonesia Emas 2045,” ujar Anggoro.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Nusa Tenggara Timur (NTT), Christian Natanael Sianturi berharap dengan adanya Paritrana Award ini, pemerindah daerah dan pelaku usaha kecil mikro dan menengah terdorong juga termotivasi agar patuh dan taat iuran serta mendaftarkan seluruh karyawan agar tercover seluruh pekerja Indonesia.

Christian berharap, dengan adanya kegiatan ini, pemerintah daerah dan pelaku usaha dapat terus mendukung perluasan cakupan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui dukungan regulasi, kebijaka program dan anggaran.

“Implementasi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaam harus dirasakan semua lini di masyarakat terlebih para pekerja di sektor formal dan informal, diharapkan pemerintah dan pelaku usaha dapat berkomitmen penuh mendukung optimalisasi perlindungan bagi mereka, termasuk pekerja rentan,” tambah Christian.

Christian juga berharap, dengan penganugrahan Paritrana Award ini, dapat mengolaborasi pertumbuhan cakupan kepesertaan lebih luas lagi dan menjadi simbol penghargaan bagi perusahaan yang telah patuh. (*/aln)

  • Bagikan

Exit mobile version