Fraksi-fraksi Mulai Mantapkan Posisi

  • Bagikan
Roy Riwu Kaho

Distribusi Anggota Fraksi ke Komisi Makin Mengerucut

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Meskipun pimpinan definitif di DPRD Kota Kupang belum terbentuk, namun fraksi-fraksi kini mulai melakukan lobi-lobi politik. Ini dilakukan untuk memastikan posisi masing-masing di tiap komisi aman.

Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) DPRD Kota Kupang misalnya, mulai melakukan lobi politik lintas fraksi untuk pendistribusian alat kelengkapan dewan (AKD).

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kota Kupang, Neda Ritla Lalay mengaku, untuk semua keputusan tentunya fraksi masih menunggu arahan dari DPD Partai Nasdem Kota Kupang.

"Kita tentunya masih menunggu arahan dari partai, sembil melakukan lobi lintas fraksi," katanya saat diwawancarai di Kantor DPRD Kota Kupang, Rabu (18/9).

Neda menjelaskan, untuk pendistribusian anggota fraksi, belum bisa disampaikan secara umum karena hingga kini masih dalam proses.

"Kalau saya pribadi ingin berada di Komisi IV DPRD Kota Kupang yang mengurus tentang kesehatan dan pendidikan. Namun tentunya masih harus menunggu petunjuk dari partai," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Kupang, Tellendmark J. Daud mengaku, saat ini belum ada pendistribusian anggota fraksi pada komisi-komisi dan pihaknya tetap mengikuti agenda yang ada.

"Karena masih berproses sehingga belum ada pimpinan definitif, sehingga harus menunggu sampai ada pimpinan definitif. Prinsipnya, semua anggota terdistribusi ke semua komisi, untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai DPRD," ungkapnya.

Sesuai dengan informasi yang diperoleh, anggota Fraksi Golkar, Tellendmark J. Daud akan duduk di Komisi III, Randi Daud akan duduk di komisi II, Jemari Yoseph Dogon akan duduk di Komisi IV dan Mohammad Ikhsan Darwis akan duduk di Komisi III.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Kupang, Moses Mandala mengaku, Fraksi Gerindra telah melakukan rapat untuk rencana pendistribusian anggota fraksi di tiap-tiap komisi.

Moses Mandala mengaku memilih berada di Komisi I, sementara Rosalinda Uta Teku, akan didistribusikan ke Komisi III, Dance Bistolen akan ada di Komisi IV dan Kristian Baitanu akan didistribusikan ke Komisi II.

Terpisah, Ketua Fraksi Gabungan, Hanura, PSI dan Perindo, Mokrianus Lay mengatakan, karena anggota fraksi gabungan berjumlah 7 orang, maka tentunya dalam tiga komisi akan ada dua orang anggota dan satu komisi satu orang anggota.

"Kalau untuk arahan dari partai, karena kita berjumlah 7 orang, maka minimal harus mendapat posisi pimpinan di salah satu Komisi, karena merupakan fraksi gabungan, dengan jumlah anggota 7 orang, maka partai mengharapkan hal ini," katanya.

Dikatakan, saat ini fraksi gabungan masih terus lakukan lobi politik untuk pendistribusian anggotanya di tiap komisi.

"Kalau saya pribadi, sesuai dengan komunikasi dengan partai, saya akan ada di Komisi III bersama satu anggota fraksi lainnya," ungkapnya.

Terpisah, Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Kupang, Roy Ratu Riwu Kaho mengaku bahwa surat dari PKB Kota Kupang sudah masuk sejak awal, dan sudah jelas pendistribusian anggota fraksi ke tiap komisi.

Roy menjelaskan, dirinya akan ada di Komisi II, sementara Satrio Pandie akan ada di Komisi III, Amirudin Laoda akan ada di Komisi I, dan Denny Nenobais di Komisi IV.

"Kami sudah jelas suratnya dari partai, dan untuk bargaining politik lintas fraksi juga terus kami lakukan, untuk posisi-posisi yang ditargetkan," jelasnya. (thi/gat/dek)

  • Bagikan