Tanamkan Kecintaan Budaya pada Generasi Muda

  • Bagikan
IMRAN LIARIAN/TIMEX FESTIVAL BUDAYA. Asisten I Setda Kota Kupang, Jefri Pelt dan jajaran Dinas Pariwisata pose bersama Lurah Bonipoi, Warisno Daeng Matutu, Ketua Panitia dan anak-anak usai kegiatan Fashion Show busana adat di sela kegiatan festival budaya di Kelurahan Bonipoi, Rabu (18/9).

Festival Budaya Multi Etnis yang Digelar Pemerintah Kelurahan Bonipoi

Pemerintah Kelurahan (Pemlur) Bonipoi juga menggelar kegiatan festival budaya multi etnis. Sesuai agenda, kegiatan ini akan digelar selama dua hari yakni Rabu-Kamis (18-19/9).

IMRAN LIARIAN, Kupang_

KEGIATAN festival budaya multi etnis yang digelar di Kelurahan Bonipoi tahun 2024 ini merupakan yang kedua kalinya. Anak-anak usia Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga orang dewasa ikut memeriahkan kegiatan ini.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Linus Lusi yang diwakili Asisten I Setda Kota Kupang, Jefri Pelt berkesempatan membuka kegiatan tersebut. Saat tiba di Kelurahan Bonipoi, Jefri Pelt bersama rombongan disambut dengan tarian bidu dari Kabupaten Malaka.

Tarian bidu ini yang dibawakan oleh mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Kupang.

Lurah Bonipoi, Warisno Daeng Matutu beserta tokoh agama, tokoh masyarakat, LPM dan masyarakat juga hadir dalam kegiatan ini. Peserta yang pentas di atas panggung festival budaya mukti etnis ini mengenakan busana adat. Ini menunjukkan kecintaan terhadap budaya yang merupakan warisan leluhur.

Ketua Panitia, Halimun Rudi Sibagariang mengatakan bahwa event yang digelar ini adalah yang kedua kalinya. Festival budaya tidak hanya menampilkan budaya, ada juga kuasa religius sebagai wujud menggambarkan keragaman yang terjalin harmonis di Kelurahan Bonipoi.

Tujuannya yakni melestarikan dan mempromosikan budaya serta mengajak masyarakat untuk mencintai budaya. Sasarannya yakni kaum milenial untuk mencintai budaya.

Kegiatannya tarian daerah NTT oleh anak-anak usia SD dan tarian adat yang dibawakan oleh mahasiswa dan pegawai kelurahan. Selain itu, ada juga Fashion Show, ada penampilan Marawis dari remaja Masjid Al Ikhlas Bonipoi dan lainnya.

Asisten I Setda Kota Kupang, Jefri Pelt pada kesempatan itu mengatakan bahwa program ini dari Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pariwisata dan sudah memasuki tahun kedua.

"Semua kegiatan ini yang sudah dan sementara digelar ini berjalan dengan sukses," ujarnya.

Dikatakan Jefri bahwa tujuan dari kegiatan festival budaya ini yakni ingin memperkenalkan budaya kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Selain itu, kegiatan ini juga untuk menumbuhkembangkan UMKM yang ada di setiap kelurahan.

Jefri Pelt juga mengapresiasi Pemerintah Kelurahan Bonipoi dan jajaran Panitia yang telah menyelenggarakan festival budaya ini dengan baik.

"Harapannya agar dengan festival budaya ini maka semakin dikembangkan untuk tahun berikutnya bisa lebih meriah lagi," harapnya.

Sebelum menutup sambutannya, Jefri Pelt berharap agar kegiatan festival budaya di Kelurahan Bonipoi ini dapat berjalan baik sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Kelurahan Bonipoi.

Usai acara pembukaan itu, anak-anak usia TK langsung pentas di atas panggung dalam acara fashion show dengan penuh semangat dan keceriaan.

Sekira puluhan orang anak mengenakan pakaian adat dari berbagai etnis. Para orang tua dan masyarakat yang hadir sangat antusias menyaksikan fashion show anak-anak tersebut.

Mereka juga tak menyia-nyiakan momen itu dengan mengambil gambar dan video menggunakan handphone android. Asisten I Setda Kota Kupang beserta jajaran Dinas Pariwisata yang hadir pun ikut menyaksikan Festival Budaya. (gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version