Mabar Nyalib Kota Kupang Soal PAD Propinsi NTT

  • Bagikan
Kabanpenda Mabar, Maria Yuliana Rotok

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) kini menempati nomor urut pertama atau tertinggi dalam hal memberikan kontribusi terkait Penerimaan Asli Daerah (PAD) untuk propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda Mabar) Maria Yuliana Rotok mengatakan itu kepada Timor Express di Labuan Bajo, Selasa (17/9).

" Untuk kontribusi PAD buat propinsi NTT, kita Mabar paling tinggi dari kabupaten lain,"tegasnya

Dijelaskan Leli Rotok sapaan akrabnya, jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya du propinsi NTT, tercatat PAD Mabar dari tahun 2021 - 2023 mendapat rangking pertama. Nilai riil tertinggi untuk akumulasi PAD Mabar sebesar Rp.594.639.582.295,72 sen atau hampir 600 miliar. Setelah Mabar baru Kota Kupang, berikutnya Sumba Timur lalu Manggarai.

Menurut dia sumber PAD Mabar ini dari pajak daerah, retribusi daerah serta lain-lain retribusi yang sah dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisah seperti penyertaan modal ke Bank NTT, atau keuntungan yang dibagikan.

Penerimaan paling tinggi dari biaya perolehan hak atas tanah dan bangunan senilai Rp.108.070.224.071 dari tahun 2021 disusul urutan kedua hotel-hotel senilai Rp.101.499.302.071,76.

Menjawab soal kiat yang dilakukan hingga tingginya PAD ini, Leli menjelaskan yang dilakukan instansi yang dipimpinnya adalah perbaikan tata kelolah pemungutan mulai dari data base pajak retribusi dan tata cara pemungutan serta beberapa inovasi dalam pemungutan.

Tidak hanya itu dia juga mengaku terus meningkatkan sumber daya manusia dalam pengelolaan pajak daerah. Kiat lainnya sinergitas antar stakeholder baik external maupun internal pemerintah daerah, juga asas transparansi dengan menggunakan teknologi digital.

"Menggali sumber-sumber pendapatan baru yakni pemungutan pajak dan jasa barang tertentu diatas air, kapal,"tambahnya.

Warga desa Gorontalo, kecamatan komodo, Willy Pahun memberikan apresiasi atas kerja keras pemerintah daerah Manggarai Barat dibawah kepemimpinan Bupati, Edistasius Endi dan Wakil Bupati, dr.Yulianus Weng. Dengan raihan penyumbang PAD tertinggi untuk pronpinsi NTT ini menunjukan Edi - Weng telah menunjukan komitmen membangun Manggarai Barat dengan baik.

"Kita sebagai warga patut memberikan aprrsiasi, ini bukri kerja nyata Edi - Weng unruk membangun daerah ini,"kata dia.(kr2)

  • Bagikan

Exit mobile version