Kebahagiaan Indikator Berkualitas dari Pendidikan

  • Bagikan
INTHO HERISON TIHU/TIMEX Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U.E Sanam, M.Sc didampingi Ketua AIPKI Pusat di Hotel Aston, Jumat (20/9)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Dr. drh. Maxs U.E Sanam, M.Sc, menekankan pentingnya lulusan yang tidak hanya memiliki kualitas akademik tinggi dan lulus tepat waktu, tetapi juga menjalani proses tersebut dengan kebahagiaan.

Hal ini disampaikannya dalam pembukaan Rapat Kerja Pengurus, Rapat Forum Dekan, dan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Bersama yang digelar Forum Dekan Asosiasi Institut Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Wilayah V di Hotel Aston Kupang, Jumat (20/9).

Prof. Maxs menyoroti bahwa kebahagiaan adalah indikator penting dari pendidikan berkualitas di perguruan tinggi. Menurutnya, pendidikan seharusnya tidak hanya fokus pada pencapaian akademis semata, tetapi juga memastikan mahasiswa menikmati proses belajar mereka.

"Percuma lulus dengan nilai tinggi, tapi tidak bahagia," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Wakil Rektor Bidang Akademik Undana ini juga menyinggung masalah kekerasan di lingkungan kampus yang masih terjadi.

Ia menegaskan pentingnya menghilangkan praktik kekerasan di dunia pendidikan dan berharap lingkungan kampus bebas dari kekerasan.

“Tidak boleh ada lagi kekerasan di dunia pendidikan. Kami mengupayakan kampus dengan zero kekerasan,” tuturnya.

Acara tersebut dihadiri oleh puluhan dekan dari wilayah Jawa Timur, NTB, Bali dan dan NTT yang tergabung dalam pengurus AIPKI, yang juga mendiskusikan langkah-langkah untuk memperbaiki kualitas pendidikan kedokteran di Indonesia, khususnya di wilayah timur. (cr6/gat/dek)

  • Bagikan