KPU Manggarai Tetapkan 246,762 Orang Pemilih Masuk DPT

  • Bagikan
FANSISKUS RUNGGAT/TIMEX HASIL PLENO. KPU Manggarai menyerahkan hasil pleno penetapan DPT kepada tim pemenang dari Paslon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai.

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai, menetapkan sebanyak 246,762 orang pemilih masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada serentak 2024 berdasarkan hasil rapat pleno terbuka, Kamis (19/9/2024), yang tersebut tersebar di 636 TPS.

Terpantau, rapat pleno penetapan DPT untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT serta Bupati dan Wakil Bupati Manggarai ini berlangsung di aula kantor KPU Manggarai, Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong.

Rapat itu dimulai sejak pukul 09.00 hingga pukul 22.00 Wita. Dipimpin Ketua KPU, Rikardus J. Pentor yang didampingi Empat orang anggota KPU.

Hadir dalam kegiatan itu Kapolres Manggarai, AKBP Edwin Saleh, pimpinan dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat, tim pemenangan dari Tiga pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Badan Kesbangpol, Dinas Kependudukan dan Capil, serta sejumlah undangan lain.

Jumlah DPT itu dituangkan dalam Keputusan KPU Manggarai bernomor 797/2024.

"KPU Manggarai sudah melaksanakan tahapan pemutakhiran data hinggah penetapan DPT. Jadi dalam Keputusan KPU pada rapat pleno terbuka ini, menetapkan DPT sebanyak 246,762 DPT untuk Pilkada serentak 2024," ujar anggota KPU Manggarai, Hery Harun, kepada media ini, Kamis (19/9/2024) malam.

Lanjut Hery, jadi DPT yang telah ditetapkan ini merupakan hasil akhir setelah melakukan Daftar Pemilih Sementara (DPS), yakni sebanyak 247.007 pemilih. Sehingga disini terjadi pengurangan. Namun pada hasil Perbaikan, juga ada pemilih baru sebanyak 695 orang, pemilih Tidak Memenuhi Syarat 940, dan pemilih hasil perbaikan 2475.

"Apresiasi yang tinggi untuk seluruh jajaran adhoc, mulai dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), Panitian Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), juga seluruh jajaran pengawas pemilu dan stakeholder lain yang sudah melakukan pengawasan secara ketat," bilangnya.

Hery menjelaskan, sebanyak 246,762 total DPT Pilkada serentak 2024 itu menyebar di 12 kecamatan, 171 desa dan kelurahan, serta 636 TPS.

Dari jumlah DPT tersebut tercatat jumlah pemilih perempuan ada sebanyak 124.828, dan pemilih laki-laki sebanyak 121,934 orang. Kemudian KPU Manggarai juga menetapkan satu TPS lokasi khusus di Rumah Tahanan kelas II B Ruteng.

"Jadi jumlah pemilih di TPS lokasi khusus ini ada sebanyak 117 pemilih. Kami berharap agar Pilkada 2024, tidak ada yang golput. Juga sangat mengharapkan dukungan dari seluruh pihak untuk memastikan pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan sukses dan sesuai dengan harapan masyarakat. Tentu dengan menjaga suasana Pilkada yang kondusif," tutup Hery. (kr1/rum/dek).

  • Bagikan

Exit mobile version