Desa Wontong Mabar Kini Bisa Nikmati Listrik 24 Jam

  • Bagikan
PLN UIW NTT FOR TIMEX JARINGAN LISTRIK. Petugas PLN sementara memasangkan Interkoneksi Jaringan Listrik Isolated di Desa Wontong

Rayakan Hari Pelanggan Nasional

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Sukacita masyarakat Desa Wontong Kecamatan Macang Pacar Kabupaten Manggarai Barat begitu bahagia, saat PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur melalui PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Flores, PLN Unit Layanan Pusat Listrik (ULPL) Ende berkolaborasi dengan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pleanggan (UP3) Flores Bagian Barat , PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Flores, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Labuan Bajo yang berhasil melakukan interkoneksi jaringan listrik isolated Desa Wontong dengan jaringan listrik sistem Flores.

Dengan keberhasilan ini, masyarakat Desa Wontong dapat menikmat listrik 24 Jam secara penuh yang selama ini hanya beroperasi 16 Jam. Mesin Genset Mobile (Diesel) yang selama ini dioperasikan untuk membantu PLTS Wontong suplai listrik tidak dioperasikan lagi.

General Manager PLN UIW NTT, Arjun Karim menyampaikan PLN, melalui program Net Zero Emission (NZE) yang mengusung tema De-Dieselisasi, yang terus berkomitmen untuk mendukung tercapainya target NZE 2060.

"Langkah konkret seperti interkoneksi sistem listrik dan pengurangan penggunaan bahan bakar diesel merupakan bagian dari upaya kami dalam mencapai tujuan tersebut," ujar Ajrun Karim.

Tri Handoko Manager PLN UPK Flores menambahkan dengan dihentikannya operasi Genset Mobile (Diesel), PLN berhasil menghemat penggunaan bahan bakar diesel (Solar) sebesar 32,8 kiloliter per tahun, yang setara dengan pengurangan Emisi 78,72 ton CO2.

"Selain itu, PLN juga mampu menghemat biaya operasional hingga Rp 203 juta per tahun," ujarnya.

Kepala Desa Wontong Stefanus Gerak, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PLN atas peningkatan layanan listrik di desanya.

"Kami sangat berterima kasih kepada PLN karena kini listrik bisa beroperasi secara maksimal," ujar Stefanus Gerak.

Hal senada diungkapan Hirebertus Rano, seorang warga masyarakat Desa Wontong dan menyambut baik keberhasilan interkoneksi listrik ini serta mengungkapkan harapannya.

"Kami sangat berharap dengan adanya listrik ini, kami bisa mengembangkan usaha seperti bengkel kayu, tambal ban, dan usaha lainnya yang mendukung sektor pertanian," ujarnya.

Dengan adanya kolaborasi dari Pemerintah Desa dan PLN untuk peningkatan listrik selama 24 jam di Desa Wontong Kecamatan Macang Pacar, mendapat dukungan penuh dari masyarakat, dikarenakan sangat membantu masyarakat yang selama ini menggunakan listrik hanya 16 jam saja. (thi/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version