Rodri Terlalu Lelah

  • Bagikan
NET KESAKITAN. Rodri saat mengalami cedera setelah salah menumpu dalam laga menghadapi Arsenal akhir pekan lalu (23/9).

Bisa Absen 8 Bulan karena ACL

MANCHESTER,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Asosiasi Pesepak Bola Profesional (FIFPro) sudah mewanti-wanti musim ini (2024–2025) tidak ramah lantaran agenda pertandingan yang padat. Menurut FIFPro, jumlah maksimal laga untuk pemain dalam semusim antara 50–60 laga di level klub dan timnas. Jumlah yang dilampaui oleh gelandang jangkar Manchester City sekaligus kapten Spanyol Rodri setahun terakhir.

Rodri memainkan total 65 laga dengan perincian 50 laga bersama City dan 15 laga dengan timnas Spanyol. Konsekuensi dari laga yang padat, Rodri mengalami cedera. Bahkan, Rodri terancam harus mengucapkan selamat tinggal pada musim ini.

Bermain kontra Arsenal di Stadion Etihad akhir pekan lalu (23/9), Pemain Terbaik Euro 2024 itu hanya bertahan 21 menit awal setelah salah menumpu. Dia didiagnosis cedera anterior cruciate ligament (ACL) pada lutut kanan dan diharuskan segera menjalani operasi.

’’Observasi masih berlangsung agar kami bisa memastikan seberapa parah cederanya,’’ tulis City dalam pernyataan resmi seperti dilansir Manchester Evening News.

Meski belum ada hasil resmi dari tim medis, sumber di internal City menyebut, Rodri bisa menjalani pemulihan sampai 8 bulan ke depan. Padahal, laga melawan Arsenal menjadi debut starter Rodri musim ini setelah jadi pengganti kontra Brentford FC (14/9).

Tiga matchweek awal Premier League dilewatkannya karena hamstring kanan setelah membawa Spanyol memenangi Euro 2024. Gara-gara hamstring kanan, Rodri menepi 42 hari.

Tactician City Pep Guardiola sudah memperkirakan akan kehilangan Rodri dalam waktu lama.
’’Meski begitu, masih ada yang menyebut (pemulihan cedera Rodri) bisa lebih cepat,’’ kata Pep kepada Sky Sports.

”Saat ini aku belum bisa memberi info apa pun soal itu (lama cedera Rodri). Saat ini kami pun masih menunggu keputusan dokter untuk mengetahui dia cedera apa, dan jenis operasi apa yang harus dijalaninya,’’ imbuh Pep.

Berkaca dari rekam jejak cederanya selama memperkuat City sejak 2019, rata-rata Rodri butuh waktu untuk memulihkan cedera tidak lebih dari 20 hari.

Dalam laga putaran ketiga Piala Liga melawan Watford FC kemarin (25/9), Pep memilih gelandang 19 tahun Nico O’Reilly sebagai pemain yang menempati posisi Rodri. Pemain City U-21 itu ditemani Rico Lewis sebagai fullback yang ditempatkan sebagai gelandang ekstra.

Hanya, untuk bisa jadi pengganti Rodri, O’Reilly tentu belum waktunya. Apalagi, Pep masih punya Mateo Kovacic dan Ilkay Gundogan. Selain itu, bek tengah John Stones kerap dijajal Pep bermain di posisi itu.

’’Dia (Stones) tidak memiliki kemampuan untuk maju ke depan dan mencetak gol. Tapi, selama dia menempati posisi Rodri, dia selalu bermain cemerlang,’’ puji eks pelatih City Stuart Pearce dalam kanal YouTubetalkSPORT.(ren/c17/dns/jpg/rum/dek)

  • Bagikan