Garuda Muda Pantang Jemawa

  • Bagikan
PSSI.org OPTIMIS. Pelatih tim U-20 Indonesia, Indra Sjafri optimistis timnya mampu meraih kemenangan saat meladeni Timor Leste, Jumat (27/9).

Timor Leste vs Indonesia

JAKARTA,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Tim Indonesia U-20 menjadi pemuncak klasemen sementara grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Tiongkok. Skuad Garuda Muda mengantongi 3 poin dengan selisih gol 4 angka setelah menang empat gol tanpa balas atas Maladewa.

Tapi, pelatih Indonesia U-20 Indra Sjafri tidak mau para pemainnya cepat puas. Sebab, perjuangan menuju putaran final Piala Asia U-20 2025 Tiongkok masih panjang.

Masih ada dua pertandingan lain yang harus dihadapi. Satu di antara dua pertandingan itu adalah melawan Timor Leste. Pertandingan tersebut akan digelar malam ini (27/9) di Stadion Madya, Jakarta (siaran langsung Indosiar pukul 19.30 WIB).

Di atas kertas, Indonesia memiliki kans yang cukup besar untuk mengalahkan Timor Leste. Salah satu faktornya adalah mental. Saat Indonesia menang telak atas Maladewa, Timor Leste kalah 1-3 oleh Yaman.

Tapi, Indra tidak mau melihat kekalahan Timor Leste sebagai sebuah keuntungan.
Menurut dia, meski kalah, ada beberapa pemain Timor Leste yang menjadi perhatiannya.

’’Kami sempat menonton pertandingan Timor Leste melawan Yaman. Mereka bukan tim yang mudah (dikalahkan). Sebab, mereka punya beberapa pemain yang secara kualitas individu bagus,’’ ujar pelatih asal Sumatera Barat itu.

Meski demikian, Indra memastikan kemenangan sebagai target yang harus diraih.
Jika berhasil mengalahkan Timor Leste, langkah Indonesia dalam laga pemungkas kontra Yaman akan sedikit lebih mudah.

’’Kami memang akan fokus dari satu pertandingan ke pertandingan lain. Sekarang kami akan fokus melawan Timor Leste. Kalau menang, kami akan fokus melawan Yaman,’’ tegasnya.

Indra dan timnya punya pengalaman melawan Timor Leste pada AFF U-19 2024. Saat itu, Indonesia menang dengan skor 6-2.

’’Tapi, mereka tidak boleh dianggap enteng. Sebab, mereka melakukan penambahan coaching staff," tambahnya.

Striker Indonesia U-20 Jens Raven pun membidik kemenangan atas Timor Leste. Jika mampu mengantongi enam poin dalam dua laga, peluang menuju Tiongkok tahun depan akan lebih terbuka. Tapi, Raven menilai pertemuan dengan Timor Leste malam ini akan berbeda dengan pertemuan di AFF U-19 2024.

Menurut Raven, Timor Leste saat ini sudah jauh lebih siap.

’’Saya melihat permainan mereka sekarang lebih berkembang. Mereka tahu bagaimana kami bermain. Jadi, saya pikir ini akan jadi laga yang sulit,’’ ucap Raven.

Sementara itu, pelatih tim Timor Leste U-20 Gopal Krishnan berharap timnya bisa menampilkan permainan lebih baik daripada saat menghadapi Yaman. Karena itu, pada laga melawan Indonesia, Gopal membidik kemenangan. Dengan hasil tersebut, peluang timnya untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025 akan tetap terbuka.

’’Kami akan mencoba bermain lebih baik saat melawan Indonesia. Saat ini, kami memang sedang membentuk kekuatan masa depan. Tapi, kami juga tetap berusaha untuk menjaga harapan untuk lolos ke Tiongkok,’’ ucap Gopal. (fiq/c17/ady/jpg/rum/dek)

Perkiraan Pemain

Timor Leste: 4-3-3

1-Pablo Macario (PG); 2-Joaozinho Amaral, 4-Aureo Costa, 22-Norbert Goncalves, 13-Emidio Braz; 5-Palomito Antonio, 6-Luis Silva, 18-Tiago Lay; 7-Luis Figo, 3-Ricardo Bianco (C), 10-Alexandro Lemos.

Pelatih: Gopal Krishan

Indonesia: 3-4-3

23-Ikram Algiffari (PG); 5-Muhammad Buffon, 4-Kadek Arel, 21-Iqbal Gwijangge; 17-Mufli Hidayat, 18-Toni Firmansyah, 7-Figo Dennis, 16-Dony Tri; 20-Arlyansyah Abdulmanan, 9-Jens Raven, 11-Riski Afrisal.

Pelatih: Indra Sjafri

Live: Indosiar

Kickoff: 19.30 WIB

Venue: Stadion Madya Jakarta

  • Bagikan

Exit mobile version