Vinnie-Xabi Berebut Murid Terbaik

  • Bagikan
DUEL. Vincent Kompany dan Xabi Alonso bakal jadi rivalitas baru di Bundesliga, dimulai malam nanti.

Bayern Munchen vs Bayer Leverkusen

MUNCHEN,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Pep Guardiola merupakan pelatih yang sukses mempersembahkan gelar bagi tim asuhannya. Tidak kurang 40 gelar dikoleksinya selama 17 tahun berkarier atau dari Barcelona B sampai Manchester City.

Bukan hanya gelar, Pep juga sukses dalam mencetak murid-murid taktikal. Mikel Arteta (Arsenal), Erik ten Hag (Manchester United), dan Enzo Maresca (Chelsea) saat ini malah jadi pesaingnya di Premier League.

Di luar Premier League, Pep punya Vincent Kompany dan Xabi Alonso yang tengah menciptakan rivalitas baru di Bundesliga.

Xabi telah membuktikan kemampuannya musim lalu seiring membawa Bayer Leverkusen meraih Meisterschale –sebutan trofi juara Bundesliga– tanpa terkalahkan (34 laga, 28 kali menang, 6 kali seri).
Musim ini, Xabi mendapat tantangan dari Vinnie –sapaan akrab Vincent Kompany– sebagai der trainer baru Bayern.

Keduanya bakal berhadapan di Allianz Arena malam nanti (siaran langsungRCTI/Soccer Channel/RCTI+Vision+pukul23.30 WIB).

Statistik superior Vinnie membawa Bayern sapu bersih empat spieltag awal jadi modal menghadapi Xabi yang sudah mencatat satu kekalahan.

Kepada Sport1, Michael Reschke yang pernah bekerja sebagai direktur teknik Bayern maupun direktur pelaksana Leverkusen menyebut, Vinnie dan Xabi tidak serta-merta mengaplikasikan taktik dari Pep.

’’Mereka (Vinnie dan Xabi, Red) berjalan sesuai dengan keinginan sendiri. Pasti terselip elemen taktikal Pep, tetapi mereka juga punya ide sendiri yang dianggap terbaik untuk tim masing-masing,’’ tutur Reschke.

Banyak pelatih yang mendasarkan taktik pada taktik lawan. Beda dengan Pep, Xabi, dan Kompany. Ketiganya sama-sama bertumpu dengan ide permainan sendiri,’’ sambung Reschke yang sekarang menjabat kepala bidang olahraga VfB Stuttgart.

Kesamaan dengan Pep, Vinnie dan Xabi mengutamakan possession football. Musim ini, Bayern dan Leverkusen merupakan dua besar teratas dalam penguasaan bola di Bundesliga. Bayern dengan 69,4 persen, Leverkusen 65 persen.

Kekuatan pertahanan dinilai bisa menentukan siapa pemenang antara Vinnie dan Xabi. Juga persaingan skema siapa yang lebih unggul? Back four yang dipertahankan Vinnie di Bayern atau back three andalan Xabi di Leverkusen.

Gelandang bertahan Leverkusen Granit Xhaka mengakui permainan Bayern bersama Vinnie bisa jadi kejutan.

’’(Karena) hampir setiap tembakan mereka bisa berbuah gol, kata pemain yang sempat diasuh Arteta di Arsenal (2022–2023) tersebut kepada Sky Deutschland.(ren/c6/dns/jpg/rum/dek)

Perkiraan pemain:

Bayern Munchen (4-2-3-1):
1-Neuer (g) (c); 27-Laimer, 2-Upamecano, 3-Kim Min-jae, 19-Davies; 6-Kimmich, 45-Pavlovic; 17-Olise, 42-Musiala, 7-Gnabry; 9-Kane

Pelatih:Vincent Kompany

Bayer Leverkusen (3-4-2-1):
1-Hradecky (g) (c); 4-Tah, 12-Tapsoba, 3-Hincapie; 30-Frimpong, 34-Xhaka, 8-Andrich, 20-Grimaldo; 21-Adli, 10-Wirtz; 22-Boniface
Pelatih:Xabi Alonso

Wasit:Felix Zwayer

Stadion:Allianz Arena, Munchen
Siaran Langsung:RCTI/Soccer Channel/RCTI+/Vision+ pukul 23.30 WIB

  • Bagikan