Pj Gubernur NTT Andriko Noto Susanto Lepas Kontingen NPC NTT

  • Bagikan
IST LEPAS KONTINGEN. Pj Gubernur NTT, Andriko Noto Susanto didampingi Plt. Kadispora, Alfons Theodorus, Sekretaris Dispora, Karel Muskanan, dan Sekum KONI NTT, Lambertus Ara Tukan foto bersama atlet dan official NPCI NTT.

Berlaga di Peparnas XVII/2024 Solo

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur NTT, Dr. Andriko Noto Susanto secara resmi melepas keberangkatan kontingen National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) NTT yang akan berlaga di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII/2024 di Solo, Jawa Tengah. Acara pelepasan ini berlangsung di ruang rapat Gubernur NTT, Gedung Sasando, Jl. El Tari, Senin (30/9).

Pada kesempatan itu, Dr. Andriko berpesan kepada paralimpian untuk tetap menjaga nama baik dan harga diri NTT di tingkat nasional. Bertandinglah secara baik, tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.

"Saya minta para atlet menjaga kesehatan, tampil yang prima demi mempersembahkan yang terbaik bagi NTT," pesan Dr. Andriko.

Pemerintah NTT, kata Andriko, tetap memberikan perhatian dan dukungan agar semuanya pergi dan pulang dengan selamat juga sukses.

"Saya minta Pak Plt Kadispora dan Pak Sekretaris Dispora untuk memantau terus perkembangan para atlet. Kabari saya perkembangan Peparnas Solo," pinta Andriko.

Sebelumnya, Ketua NPCI NTT, Viktor Helengky Haning dalam laporannya menyampaikan bahwa kontingen NTT berkekuatan 48 orang, terdiri dari 35 atlet putra dan putri serta 13 pelatih dan official.
Peparnas XVII/2024 yang berlangsung dari tanggal 1 - 15 Oktober 2024 di Solo, lanjut Viktor, NTT hanya berlomba di satu dari 20 cabang olahraga (Cabor), yakni Atletik.

"Ada tiga nomor lomba yang diikuti atlet NTT, yakni nomor lomba lari, lompat, dan lempar," jelas Viktor.

Viktor mengatakan, pihaknya tidak menargetkan apa-apa di Peparnas kali ini mengingat persiapan para atlet yang tertatih-tatih, dukungan penganggaran juga terbatas serta sarana prasarana yang tidak memadai.

"Namun kami tidak akan mempermalukan NTT, kami akan berjuang dengan semangat pantang menyerah demi mengangkat panji Flobamorata di ajang Peparnas nanti. Kami memohon dukungan dan doa dari pemerintah dan seluruh masyarakat NTT agar kami semua bisa memberikan yang terbaik bagi bumi Flobamorata tercinta," pinta Viktor.

Meski tak memasang target di Peparnas XVII/2024 Solo, Viktor mengatakan, berkaca dari pengalaman prestasi di Peparnas XVI/2021 di Papua, kontingen NPCI NTT menempati peringkat 16 kontingen peraih medali dengan membawa 5 emas, 13 perak, dan 12 perunggu. Cabor yang diikuti hanya Atletik pada nomor lari, lompat, dan lempar. Oleh karena itu, dihadapan Pj Gubernur NTT, Viktor menyatakan, para atlet akan berusaha tampil maksimal guna meningkatkan prestasi yang dicapai sebelumnya.

Turut hadir dalam acara pelepasan itu, Plt Kadispora NTT, Dr. Alfons Theodorus, Sekretaris Dispora NTT, Karel Muskanan, Sekretaris Umum KONI NTT, Lambertus Ara Tukan, Kepala Biro Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda NTT yang juga Kabid Humas KONI, Prisilia Parera, Sekretaris NPCI NTT, Albert Vincent, dan paralimpian NTT peserta Peparnas XVII/2024.

Untuk diketahui, Peparnas kali ini tidak memakai daerah lokasi penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 sebagaimana bisa dilakukan pada even-even sebelum. Ada sejumlah pertimbangan yang mendasari pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memindahkan lokasi Peparnas ke Solo, Jawa Tengah.

Pada Peparnas XVII/2024 di Solo mempertandingkan sebanyak 20 cabor, yakni Atletik, Sepak Bola, Voli Duduk, Renang, Catur, Bulutangkis, Menembak, Anggar Kursi Roda, Tenis Meja, Panahan, Judo Tunanetra, Angkat Berat, Balap Sepeda, Boccia, dan Taekwondo. Lalu cabor Tenping Bowling, Goalball, Tenis Kursi Roda, Basket Kursi Roda, dan E-Sport. Sementara lokasi penyelenggaraan adalah di Solo Raya meliputi Kota Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, dan Karang Anyar. (aln/rum/dek)

  • Bagikan