Refleksikan Nilai Pancasila dalam Kehidupan

  • Bagikan
IST UPACARA. Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone saat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Kanwil Kemenkumham NTT, Selasa (1/10).

Jajaran Kanwil Kemenkumham Peringati Hari Kesaktian Pancasila

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Pancasila bukan hanya sekadar lambang, tapi fondasi yang mengikat keragaman bangsa.

"Kita tidak hanya memperingati, tapi kota juga merefleksikan komitmen kita untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," kata Kepala Kantoe Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) NTT, Marciana Dominika Jone saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 bertempat di lapangan Kanwil Kemenkumham NTT, Selasa (1/10).

Tema yang diusung dalam upacara ini yakni 'Bersama Kita Wujudkan Indonesia Emas'.
Menurut Marciana, tujuannya dilaksanakannya upacara tersebut yakni untuk mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup bangsa Indonesia.

Pada kesempatan itu, Marciana juga berpesan kepada seluruh ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT agar memaknai Pancasila dengan baik serta menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, semua pihak harus bergerak aktif memperkokoh serta mewujudkan cita-cita proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sebagai masyarakat Indonesia, katanya, hendaknya disadari bahwa terdapat berbagai macam rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila.

Karena itu, sebagai masyarakat Indonesia haruslah membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan, kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (r1/gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version