SDK Wololele Ende Terima Bantuan VSAT dari Kementerian Kominfo

  • Bagikan
ISTIMEWA PEMASANGAN VSAT. Kepsek SDK Wololele B Aurelius Dore Lagu ( baju kuning) Pantau langsung pemasangan bantuan akses internet dengan teknologi VSAT (Very Small Aparatur Terminal) dari Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementrian dan Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Di tahun 2024 ,Pemerintah Kabupaten Ende memperoleh bantuan akses internet dengan teknologi VSAT (Very Small Aparatur Terminal) dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementrian dan Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

Salah satu sekolah yang mendapat bantuan Bakti Kominfo tersebut adalah Sekolah Dasar Katolik Wololele B yang terletak di Desa Liselowobora kecamatan Wolowaru.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Sekolah Dasar Katolik Wololele B, Aurelius Dore Lagu menyampaikan, terimakasih kepada Kementrian Komunikasi dan Informasi RI yang telah membantu Internet bagi sekolahnya.

"Trimakasih kami sampaikan kepada Kementrian Komunikasi dan Informasi atas bantuan Internet di sekolah kam, juga Terimakasih kepada Dinas Kominfo Kabupaten Ende yang juga terlibat, " sebut Kepala Sekolah SDK Wololele B.

Dia menjelaskan, bantuan Internet gratis tersebut tidak lepas dari pemenuhan data- data dari Sekolah atas permintaan Kementrian Kominfo RI. Karenanya, lanjut Relys, sekolahnya ditetapkan sebagai salah satu penerima bantuan.

"Sekolah kami ditetapkan sebagai penerima bantuan, karena terus terang tidak ada jaringan internet kalaupun ada jaringan lelet dan tidak bisa diakses," kata Relys lagi.

Dia menyebutkan, sebagai salah satu Sekolah Penggerak, pihaknya sangat kesulitan mengakses data, ataupun mengikuti kegiatan atau pertemuan melalui zoom.

"Kami harus cari- cari signal, diatas bukit atau tempat yang ada signal baru bisa. Atau ke ibu kota Kecamatan di Wolowaru, " jelasnya.

Sekali lagi dia merasa bersyukur karena Pemerintah melalui Kementrian Kominfo memilih Sekolahnya sebagai salah satu penerima bantuan VSAT.

Lebih jauh Aurelius menjelaskan, dalam beberapa hari ini ,VSAT tersebut sudah bisa digunakan. Disebutkan, bukan saja bagi Sekolahnya namun masyarakat umum bisa juga mengaksesnya.

" Ada dua keluaran, yakni untuk Sekolah dan untuk masyarakat umum istimewanya para siswa. Mereka bisa mengakses Internet gratis selama 1 X 24 Jam dan tidak ada passport, " jelasnya.

Ia juga mengatakan, dengan keberadaan Internet tersebut, masyarakat tidak perlu lagi ke ibu kota kecamatan di Wolowaru untuk transaksi Bank, atau mengakses informasi lewat handphone, atau mengerjakan apa saja lewat laptop.

"Kami juga menyiapkan area khusus untuk masyarakat umum untuk bisa mengakses Internet. Sekolah telah menerima secara gratis bantuan ini, makanya kami juga memberikan secara gratis juga untuk masyarakat Internet ini, " sebut Kepala SDK Wololele B Aurelius Dore Lagu.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ende Yasinta Sare melalui Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bernadus MR. Rangga, Senin (30/9) , pada tahun 2024 ini, Kabupaten Ende mendapat bantuan pemasangan akses internet di 68 titik lokasi dari Kementrian Kominfo RI melalui BAKTI, dan sebagian besar untuk fasilitas umum di Bidang Pendidikan, yaitu Sekolah, khususnya SD dan SMP.

Akses Internet dari Kementrian Kominfo melalui BAKTI di 68 titik salah satu lokasinya di SDK Wololele B desa Liselowobora kecamatan Wolowaru.

Semula berdasarkan informasi, Ende mendapat 81 titik yang menjadi lokus bantuan, dan sudah dilakukan survey dan verifikasi awal untuk diajukan sebagai calon penerima bantuan pemasangan VSAT.

"Namun dari hasil verifikasi teknis oleh BAKTI Kemenkominfo, 68 titik yang lolos uji verifikasi dari ke 81 titik, " jelas dia lagi.

Targetnya, lanjutnya, akhir Oktober 2024 , pemasangan VSAT ini sudah rampung, sehingga harapan nantinya, memberikan dampak positif dalam meningkatkan akses informasi juga kualitas Pendidikan di wilayah Kabupaten Ende.( kr4/thi/dek)

  • Bagikan