100 Ribu Prajurit Meriahkan HUT TNI

  • Bagikan
PUSPEN TNI ZIARAH. Para petinggi TNI berziarah ke taman makam pahlawan (TMP) Kalibata, Jumat (3/10). Kunjungan itu menjadi rangkaian untuk menyambut HUT TNI yang digelar 5 Oktober 2024 di Monas.

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Para petinggi TNI berziarah ke taman makam pahlawan (TMP) Kalibata, Jumat (4/10) kemarin. Kunjungan itu menjadi rangkaian untuk menyambut HUT TNI yang digelar hari ini, Sabtu (5/10) di Monas.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin upacara di pemakaman para pahlawan bangsa itu pukul 07.53 WIB. Usai upacara, beberapa makam dikunjungi. Di antaranya makam presiden ke-3 BJ Habibie, mantan Panglima TNI Edi Sudradjat dan makam beberapa tokoh bangsa.

’’Tabur bunga ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada jasa para pahlawan yang telah gugur berjuang membela bangsa. Sekaligus dalam rangka menyambut HUT ke-79 TNI,’’ terang Agus.

Seluruh kepala staf dari tiga matra TNI juga ikut mendampingi.

Di acara tersebut, Agus juga menyampaikan harapannya kepada para prajurit TNI ke depan. Yakni, menjadi prajurit yang profesional. Dengan perlengkapan dan pelatihan yang semakin baik. Serta penyuluhan tentang hukum dan HAM.

Sementara itu, Kapuspen TNI Mayjen TNI Hariyanto mengatakan, pada HUT TNI hari ini, akan ada 100 ribu prajurit yang dikerahkan. Termasuk seribu alat utama sistem persenjataan (alutsista). Acara bakal digelar pukul 07.30 WIB.

’’Acara ini akan menjadi istimewa,’’ katanya, kemarin.

Acaranya tidak hanya di satu sisi saja, tapi pasukan akan melingkar di sekeliling Monas. Sebanyak 22 batalyon akan berpartisipasi. Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto juga dijadwalkan hadir. (elo/c17/bay/jpg/ays/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version