Kapolda Beri Penghargaan untuk Polwan Berprestasi

  • Bagikan
PENGHARGAAN. Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga menyerahkan penghargaan kepada Polwan berprestasi saat acara syukuran HUT ke-76 Polwan di Polda NTT, Jumat (4/10).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga memberikan penghargaan kepada sejumlah Polwan yang dinilai berprestasi di berbagai bidang. Penyerahan penghargaan ini dilakukan, Jumat (4/10).

Acara penyerahan penghargaan ini berlangsung meriah dan menjadi momen penting untuk mengapresiasi dedikasi Polwan dalam mengharumkan nama institusi kepolisian.

Dalam sambutannya, Irjen Pol. Daniel menyatakan kebanggaannya terhadap peran Polwan dalam mendongkrak citra Polri, khususnya di NTT.

Ia juga menyoroti kiprah Polwan yang tidak hanya bertugas dalam pengamanan, tapi juga mengukir prestasi di bidang olahraga.

"Dengan jumlah 700 Polwan, kontribusi mereka sangat besar bagi Polri. Prestasi ini ada di berbagai cabang olahraga seperti tinju, karate dan taekwondo. Ini adalah bukti semangat juang mereka yang tinggi," kata Kapolda NTT.

Irjen Pol. Daniel juga menekankan pentingnya regenerasi melalui pembinaan yang diberikan oleh Polwan senior kepada juniornya agar capaian-capaian yang telah diraih bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Selama 76 tahun eksistensi Polwan di Polri, kontribusi mereka sangat nyata dan tidak bisa dipandang sebelah mata,” lanjutnya.

Salah satu Polwan yang mendapatkan penghargaan dalam acara ini adalah Bripda Florencia Viela Mori Ate dari Ditsamapta Polda NTT. Bripda Florencia meraih medali perunggu dalam ajang Kapolri Cup 2024 sebagai atlet taekwondo. Prestasi ini diakui sebagai langkah positif dalam menginspirasi rekan-rekannya.

Selain itu, Bripda Erniati Ngongo dari Satbrimobda Polda NTT juga mengharumkan nama institusi dengan meraih medali perak di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. Ia juga mencatat prestasi Internasional sebagai juara dua di Boxing Champ yang digelar di Cina.

Prestasi lain datang dari Brigpol Yusinta Kase, asal Polres TTS yang merebut medali emas dalam kategori kumite pada Kejuaraan Nasional Kapolri Cup I. Di bidang karate, Briptu Rusmiati Immaculata Letto dari Polres Belu turut menyumbangkan prestasi dengan meraih medali perak di ajang nasional.

Kapolda berharap agar lebih banyak lagi Polwan yang dapat mengukir prestasi di masa depan, baik di bidang olahraga maupun bidang lainnya.

“Keberhasilan para Polwan ini tidak hanya membanggakan institusi Polri, tapi juga menjadi inspirasi bagi generasi muda di NTT dan Indonesia pada umumnya untuk berprestasi dan mengharumkan nama bangsa,” katanya.

"Dengan prestasi yang terus bertambah, Polwan semakin memperkokoh citra positif kepolisian di mata masyarakat," tutupnya. (cr6/gat/dek)

  • Bagikan