Solidaritas, Hadirkan Harapan Lewat Bedah Rumah

  • Bagikan
IST GUNTING PITA. Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga memotong pita sebagai tanda selesai direnovasi rumah Sofyan, Jumat (4/10).

Kepedulian Polwan Polda NTT pada Momen HUT ke-76 Polwan

Jumat (4/10) menjadi hari istimewa di Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) ketika rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-76 Polisi Wanita Republik Indonesia (Polwan RI) menyentuh hati masyarakat.

INTHO HERISON TIHU, Kupang

SALAH satu momen penting dalam perayaan HUT ke-76 Polwan ini adalah kegiatan bedah rumah yang dipersembahkan oleh para Polwan Polda NTT kepada Sofyan. Sofyan merupakan putra tunggal almarhum AKP Eklopas Nomleni.

Keseharian Sofyan yakni bekerja sebagai pekerja harian lepas (PHL) di lingkungan Polda NTT. Sofyan mendapatkan kado istimewa berupa renovasi rumahnya yang selama ini dalam kondisi memprihatinkan.

Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga yang turut hadir dalam acara ini, memimpin prosesi simbolis dengan memotong pita dan menyerahkan kunci rumah yang telah selesai direnovasi para Polwan Polda NTT kepada Sofyan oleh Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Awi Setiyono serta sejumlah pejabat utama (PJU) Polda NTT.

Renovasi rumah Sofyan bukan hanya sekadar memperbaiki bangunan fisik, tapi juga memberikan harapan baru bagi masa depan Sofyan. Dinding yang dulunya penuh retakan kini telah rapi. Atap bocor yang selama ini menghantui setiap turun hujan pun diganti dengan yang baru. Rumah tersebut kini menjadi lebih layak huni dan menjadi simbol nyata solidaritas serta kepedulian sosial.

Kegiatan bedah rumah ini merupakan salah satu program sosial yang diinisiasi Polwan Polda NTT dalam rangka merayakan HUT Polwan RI tepatnya tanggal 1 Oktober. Ini menunjukkan peran nyata Polwan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

Pada kesempatan ini, Kapolda NTT mengapresiasi sepenuhnya inisiatif yang telah dilakukan para Polwan Polda NTT. Ia menyoroti peran penting perempuan dalam kepolisian yang memberikan perspektif berbeda, terutama dalam menangani kasus-kasus yang melibatkan perempuan dan anak.

Jenderal dengan dua bintang di pundak ini menambahkan, sifat empati, kreativitas serta kemampuan multitasking yang dimiliki Polwan telah memberikan kontribusi berharga dalam institusi kepolisian.

“Polwan tidak hanya membantu dari sisi tugas dan tanggung jawab di lapangan, tapi juga dalam menjalankan program sosial seperti ini. Program bedah rumah ini adalah bukti nyata komitmen mereka dalam membawa perubahan yang positif bagi masyarakat,” ungkap eks Kapolda Papua Barat ini.

Bedah rumah ini, katanya, selain menghadirkan kebahagiaan bagi Sofyan, juga menjadi cerminan dari upaya Polwan untuk memperkuat hubungan kepolisian dengan masyarakat.

Irjen Pol. Daniel juga berharap agar program serupa bisa terus dilanjutkan di masa mendatang untuk mempererat hubungan harmonis antara kepolisian dan komunitas yang mereka layani.

“Selamat ulang tahun kepada Polwan. Semoga selalu menjadi panutan serta harapan bagi masyarakat,” tutup Kapolda NTT dengan penuh harapan. (gat/dek)

  • Bagikan