Cara Termudah Cek dan Bayar Tagihan Listrik Online Tanpa Ribet

  • Bagikan

Saat ini, untuk bisa melakukan pembayaran berbagai macam tagihan, Anda bisa melakukan secara online. Apabila Anda sering merasa kerepotan untuk membayar tagihan listrik, sekarang bisa mencoba untuk bayar tagihan listrik online melalui aplikasi.

Terdapat beberapa pilihan cara yang sangat mudah dan praktis. Apabila Anda pengguna aplikasi Blibli maka bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membayar tagihan listrik. Mungkin Anda sekarang ini masih bertanya-tanya tentang bagaimana cara cek tagihan listrik secara online dan bagaimana membayar melalui  Blibli. Langsung saja kita akan bahas sama-sama di sini.

Cara Termudah Cek dan Bayar Tagihan Listrik Online Tanpa Ribet

Untuk bisa melakukan cek dan bayar tagihan listrik online, Anda bisa melakukan dengan beberapa cara yaitu melalui aplikasi PLN mobile atau melalui aplikasi Blibli. Agar lebih jelas berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pembayaran tagihan listrik melalui aplikasi PLN dan Blibli.

1. Melalui Aplikasi PLN

Cara mudah yang pertama adalah dengan melalui aplikasi PLN. Aplikasi ini dapat diunduh siapa saja melalui Play Store atau App Store. Supaya lebih jelas ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah yang pertama pastinya harus mengunduh ke aplikasi PLN melalui Google play Store atau App Store kemudian instal aplikasi tersebut di smartphone
  • Setelah itu, Anda bisa membuat akun atau melakukan registrasi terlebih dahulu.Masukkan data diri yang diperlukan agar bisa menikmati berbagai macam fitur di dalam aplikasi tersebut
  • Setelah berhasil membuat akun aplikasi PLN, berikutnya tinggal Klik menu "Kelistrikan". Berikutnya bisa memilih ID Pelanggan yang ingin dilakukan pembayaran
  • Apabila Anda merupakan pelanggan pascabayar, maka bisa memilih opsi pemberitahuan kemudian mendaftarkan ID-nya di akun PLN ini.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah:

  • Anda bisa masuk ke aplikasi PLN mobile terlebih dahulu kemudian login ke aplikasi tersebut
  • Berikutnya Anda tinggal cari opsi "token dan pembayaran" kemudian klik opsi tersebut
  • Jika sudah, Anda bisa langsung memasukkan nomor ID pelanggan. Setelah memasukkan nomor ID pelanggan ini, Anda akan mengetahui berapa total tagihan. Selanjutnya, Anda bisa langsung melakukan pembayaran tagihan sesuai instruksi yang muncul.

2. Melalui Aplikasi  Blibli

Cara mudah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi  Blibli. Caranya sangat mudah, berikut ini adalah langkah yang bisa Anda praktekkan:

  • Langkah yang pertama tentu saja Anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi  Blibli di smartphone. Selanjutnya, Anda perlu memiliki akun dengan melakukan registrasi atau mengisi formulir yang tersedia. Apabila sudah berhasil memiliki akun, Anda bisa langsung masuk ke halaman utama menggunakan akun tersebut
  • Setelah Anda berhasil masuk ke halaman utama akun  Blibli, maka di sana akan terdapat berbagai macam opsi. Coba temukan opsi "tagihan dan isi ulang" kemudian klik opsi tersebut. Berikutnya Anda akan menemukan beberapa opsi lagi, Anda bisa memilih "tagihan listrik PLN”
  • Untuk bisa mengetahui berapa total tagihan, Anda akan diminta untuk memasukkan ID pelanggan. Langsung saja masukkan nomor ID pelanggan kemudian nantinya akan muncul tombol "lihat tagihan". Anda bisa langsung tekan tombol tersebut dan sistem secara otomatis akan membuka informasi tagihan Anda. Di sana Anda akan menemukan informasi total tagihan bulanan juga riwayat tagihan di bulan-bulan sebelumnya. Anda juga akan mengetahui kapan batas jatuh tempo pembayaran tagihan tersebut
  • Langkah selanjutnya setelah mengetahui total tagihan, Anda bisa langsung melakukan pembayaran. Coba cari opsi pembayaran kemudian klik opsi tersebut.

Anda kemudian akan diminta untuk memilih metode pembayaran sesuai dengan keinginan apakah dengan metode transfer atau menggunakan dompet digital. Sebisa mungkin Anda sebaiknya melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo.

Anda yang ingin melakukan cek dan bayar tagihan listrik online, bisa mengikuti cara-cara yang telah disebutkan tadi. Langsung saja buka aplikasi Blibli dan nikmati pengalaman belanja seru serta kemudahan membayar berbagai macam tagihan.

Referensi:

https://www. Blibli.com/friends/blog/cara-bayar-tagihan-listrik-pln-12/

https://www. Blibli.com/faq/topic/produk-digital/tagihan-pln/

https://www. Blibli.com/digital/p/pln/postpaid?

  • Bagikan