Target KUR Perbankan Hampir Tercapai

  • Bagikan
ilustrasi

JAKARTA,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Memasuki kuartal IV 2024, perbankan hampir memenuhi target penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang ditetapkan pemerintah. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sudah mencapai 85,87 persen dari target . Sedangkan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) sebesar 76,44 persen.

SEVP Micro and Consumer Finance Bank Mandiri Saptari menyatakan, hingga akhir September 2024 realisasi penyaluran KUR sebanyak Rp 32,20 triliun kepada lebih dari 293 ribu pelaku usaha. Didominasi oleh sektor produksi sebesar 60,08 persen atau senilai Rp 19,34 triliun. Sisanya 39,92 persen ke sektor non produksi, khususnya perdagangan, sebanyak Rp 12,85 triliun.

"Penyaluran KUR ini merupakan bagian dari strategi akuisisi berbasis ekosistem dengan pola closed loop yang kami optimalkan melalui value chain nasabah wholesale Bank Mandiri," jelasnya kemarin (7/10).

Sementara itu, hingga akhir Agustus 2024, BRI telah berhasil menyalurkan KUR kepada 2,6 juta debitur UMKM dengan total nilai Rp 126,12 triliun. Angka itu setara 76,44 persen dari target penyaluran di 2024 sebesar Rp 165 triliun.

Mayoritas penyaluran ke sektor produksi sebesar 59,41 persen. Meliputi pertanian, perikanan, serta industri dan jasa lainnya.

"Rasio kredit macet alias non performing loan (NPL) KUR terjaga pada kisaran 2,31 persen," ujar Direktur Utama BRI Sunarso.

Menurut dia, Sunarso terdapat beberapa hal yang perlu diedukasi kepada UMKM. Pertama, semangat kewirausahaan kepada UMKM. Karena kondisi mereka saat ini masih beragam levelnya. Kedua, kemampuan melakukan administrasi dan manajerial.

"Ini merupakan pekerjaan rumah yang penting," imbuhnya.

Kemudian, aksesibilitas UMKM terhadap informasi, pasar, teknologi dan pendanaan. Selain itu, edukasi dan sosialisasi tentang keberlanjutan bisnis dan lingkungan. Terakhir, dia menekankan pentingnya edukasi soal prinsip good corporate governance (GCG) kepada UMKM.

"Kita perlu educate UMKM untuk menjalankan bisnis dengan prinsip-prinsip GCG dengan baik. Itulah yang akan menjadikan UMKM bertumbuh dan berkembang ," paparnya. (han/dio/thi/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version