Kumpulkan Perangkat Istana, Jokowi Pamit dan Foto Bareng

  • Bagikan
BPMI SETPRES BERSAMA JURNALIS ISTANA. Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo meluangkan waktu untuk berpamitan secara khusus dengan para pegawai, unsur pengamanan, petugas kebersihan hingga jurnalis, Kamis (10/10).

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Halaman Istana Negara, Kamis (10/10) pagi terlihat lebih ramai dari biasanya. Hal ini terjadi jika ada tamu negara atau rapat-rapat menteri. Namun keramaian kemarin nampak lain karena ini sesi pamitan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana kepada keluarga besar pengelola istana.

Sembilan hari lagi, Jokowi pensiun. cleaning service, paspampers, hingga pejabat di lingkungan istana kepresidenan kemarin berkumpul. Mereka akan berfoto dengan kepala negara sebagai kenang-kenangan.

Jokowi dan Iriana berpakaian putih dan celana hitam. Satu persatu rombongan maju untuk foto. Yang pakai seragam hijau adalah para paspampers. Ada juga yang berseragam warna biru yang merupakan baju dinas cleaning service. Sebagian besar memang memakai batik. Jurnalis dari berbagai media massa yang selama ini mengawal pemberitaan Jokowi pun diajak berfoto.

Suherman, yang telah menjadi petugas taman selama 20 tahun, merasa bangga karena akhirnya bisa berfoto bersama dengan Jokowi. “Selama ini sehari-hari ketemu hanya sekadar melihat saja saat bekerja. Menurut saya, pak Jokowi dan ibu Iriana ramah,” kata Suherman.

Cerita senada juga diungkapkan Claudia. Dia adalah pramusaji yang telah lima tahun melayani presiden dan ibu negara. Menurutnya, Jokowi maupun Iriana selalu memberikan perhatian.

“Apa pun yang kami berikan, beliau terima dengan ucapan terima kasih," ungkapnya.

Imam Tambunan tidak bisa memungkiri perasaan harunya. Petugas kebersihan yang telah bertugas selama 10 tahun itu punya cerita sendiri. Tugasnya sehari-hari adalah membersihkan ruangan Jokowi.

“Bapak peduli dengan yang suka membersihkan ruangan jadi kita pernah dipanggil ke ruangan, diajak foto, salaman. Bapak juga mengucapkan terima kasih, mengapresiasi pekerjaan kami,” ujar Imam.

Bagaimana dengan yang setiap hari memberikan pengawalan VVIP? Paspampers Kapten Inf Handi Sabush merasa bersyukur karena pernah menjadi bagian perjalanan kepemimpinan Jokowi. “Selamat menjalankan purnatugas. Semoga sehat selalu,” pesannya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga mengungkapkan kesannya mendampingi Jokowi. Menurutnya, Jokowi memang pekerja keras. Jokowi memang tinggal di Istana Bogor tapi ketika menginap di komplek Istana Negara, Pratikno harus standby pagi-pagi.

“Jam delapan harus standby di Istana Merdeka. Malam jam sepuluh baru masuk,” ujarnya.

Dia pernah guyonan sama Jokowi. Menurut Pratikno hidupnya lebih indah karena sempat pulang ke rumah. Sementara kantor dan wisma negara, hunian Jokowi di Jakarta, jaraknya hanya beberapa meter saja.

“Pak, saya itu lebih indah lho. Meskipun macet, sempat pulang. Bapak itu tidak pernah pulang,” Pratikno menirukan ucapannya kala itu.

Setelah beberapa hari di Jakarta, Jokowi hari ini terbang menuju Ibu Kota Nusantara. Kemarin pesawat Boeing Kepresidenan sudah menjajal mendarat di bandara IKN untuk test landing. Tujuannya agar memastikan penerbangan Jokowi hari ini lancar. Sebelumnya, Jokowi sudah menjajal landasan baru di bandara IKN dengan pesawat kepresidenan RJ85.

“Rencananya besok (hari ini, red) bapak presiden akan melakukan kunjungan kerja ke IKN,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.  (lyn/jpg/ays/dek)

  • Bagikan