Duet Oranje (Mencoba) Ubah Cerita

  • Bagikan
Van de wen

Jerman vs Belanda

Pasangan Baru di Pertahanan Belanda

Jerman Susah Menang di Allianz

MUNCHEN, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID– TacticusBelanda Ronald Koeman punya pekerjaan rumah besar ketika dia memimpin skuadnya menghadapi Jerman dalam matchday4 UEFA Nations League dini hari nanti(siaran langsungVision+pukul01.45 WIB). Dia harus memutar otak lantaran absennya Virgil van Dijk.

Absennya bek tengah sekaligus kapten Belanda itu akibat hukuman kartu merah saat Belanda tertahan 1-1 oleh Hungaria (12/10). Koeman pun harus menemukan solusi tandem terbaik Stefan de Vrij di jantung pertahanan Oranje, julukan Belanda.

Maklum, sudah dua tahun lebih Van Dijk tidak pernah absen membela Belanda. Matchday4 Nations League 2022 melawan Wales jadi laga terakhir Belanda tidak dibela Van Dijk. Itu sudah 854 hari yang lalu.

’’Tentu akan ada banyak yang berubah (saat Van Dijk absen). Kini, semuanya ada di tangan pemain lain yang akan mengambil alih peran Virgil itu,’’ ucap fullback Belanda Denzel Dumfries dikutip dari lamanNU.

De Vrij akan jadi yang paling merasakan perubahan tersebut.

’’Aku bahkan tidak ingat kapan terakhir kali Virgil tidak ada di sana,’’ tambah bek yang juga bakal menggantikan peran Van Dijk sebagai kapten Belanda itu.

Dua bek tengah yang akan jadi opsi pendamping De Vrij pengganti Van Dijk. Dua-duanya kebetulan alumnus Bundesliga. Yaitu, Matthijs de Ligt dan Mickey van de Ven. Di musim ini, keduanya sama-sama bermain di Premier League.

De Ligt sudah membela Manchester United, sedangkan Van de Ven di Tottenham Hotspur. Saat di Bundesliga terutama di Allianz Arena, Munchen, tempat laga akan digelar, peruntungan De Ligt dan Van de Ven sama-sama kurang bagus.

Saat bersama VfL Wolfsburg, Van de Ven tidak pernah merasakan nirbobol. Total sembilan gol yang membobol gawang Wolfsburg selama dia melawat ke sana kontra tim tuan rumah Bayern Munchen.
Setali tiga uang dengan Van de Ven.

De Ligt bahkan ditendang klub yang berjuluk Die Roten tersebut musim panas lalu setelah dua musim di Bavaria. Makanya, siapa pun yang jadi pendamping De Vrij, De Ligt atau Van de Ven, akan berusaha mengubah cerita.

Apalagi, Jerman juga sedang bagus-bagusnya menilik unbeaten selama di Nations League kali ini. Termasuk mengimbangi Belanda 2-2 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, 11 September lalu. Akhir pekan lalu (12/10), Jerman juga memenangi laga di Zenica melawan Bosnia-Herzegovina dengan skor 2-1.

Minusnya, Jerman susah menang ketika bermain di Allianz Arena. Sejak 2020, tim berjuluk Die Mannschaft itu hanya mampu memetik dua kali kemenangan dari lima laga di Allianz Arena.

Terakhir, di Allianz Arena, Jerman mengalahkan Skotlandia 5-1 dalam matchday pertama Euro 2024. Dua laga sebelumnya Jerman selalu mengakhiri pertandingannya di Allianz Arena dengan hasil seri. Yaitu melawan Hungaria 2-2 (Euro 2020) dan ditahan 1-1 Inggris dalam Nations League 2022.

Ancaman Deniz Undav yang mengoleksi tiga gol dalam dua laga terakhir Jerman, termasuk satu gol ke gawang Belanda, menjadi ujian untuk defense Belanda. Der trainer Jerman Julian Nagelsmann pun berharap Undav kembali jadi pembeda.

’’Kami berharap lebih banyak gol tercipta darinya (Undav),’’ tegas Nagelsmann, dikutip di lamanKicker. (ren/c17/ady/jpg/gat/dek)

LINEUP

Matchday 4 UEFA Nations League 2024—2025

Jerman (4-2-3-1):12-Baumann (g); 6-Kimmich (c), 2-Rudiger, 4-Tah, 18-Mittelstadt; 8-Andrich, 5-Gross; 20-Gnabry, 13-Undav, 17-Wirtz; 9-Kleindienst
Pelatih:Julian Nagelsmann
Jersi pemain:putih
Jersi kiper:hitam

Belanda (4-2-3-1):1-Verbruggen (g); 22-Dumfries, 15-De Ligt, 6-De Vrij (c), 21-Hato; 14-Reijnders, 8-Gravenberch; 12-Frimpong, 7-Simons, 11-Gakpo; 10-Zirkzee
Pelatih:Ronald Koeman
Jersi pemain:orange
Jersi kiper:hijau

Logo:UEFA Nations League

Siaran langsung:Vision+ pukul 01.45 WIB
Wasit:Slavko Vincic (Slovenia)
Stadion:Allianz Arena, Munchen

Pengalaman Milik De Ligt
Lima tahun terakhir lima kali Jerman berhadapan kontra Belanda dalam segala ajang. Di lima laga tersebut, Virgil van Dijk dan Matthijs de Ligt paling sering dimainkan sebagai duet CB (central Back).(ren/ady)

Belanda vs Jerman (UEFA Nations League 2024)
Skor: 2-2
Duet CB Belanda: Virgil van Dijk-Matthijs de Ligt

Jerman vs Belanda (Uji coba persahabatan 2024)
Skor: 2-1
Trio CB Belanda: Virgil van Dijk-Matthijs de Ligt-Nathan Ake

Belanda vs Jerman (Uji coba persahabatan 2022)
Skor 1-1
Trio CB Belanda: Virgil van Dijk-Matthijs de Ligt-Danny Blind

Jerman vs Belanda (Kualifikasi Euro 2020)
Skor: 2-4
Trio CB Belanda: Virgil van Dijk-Matthijs de Ligt-Nathan Ake

Belanda vs Jerman (Kualifikasi Euro 2020)
Skor: 2-3
Duet CB Belanda: Virgil van Dijk-Matthijs de Ligt

  • Bagikan

Exit mobile version