Tingkatkan Kesiagaan Tanggulangi Bencana

  • Bagikan
IST APEL KESIAPSIAGAAN. Suasana pelaksanaan apel Kesiapsiagaan latihan lapangan penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami yang digelar Korem 161/WS dengan melibatkan seluruh pihak terkait di arena Expo Kota Kupang, Senin (14/10).

Korem 161/WS Gelar Apel Kesiagaan Lapangan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Latihan lapangan penanggulangan bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami penting dilakukan sebagai antisipasi dini serta mengirangi risiko akibat bencana alam. Atas dasar inilah maka Korem 161/Wira Sakti (WS) tahun 2024 menggelar apel kesiapsiagaan latihan lapangan.

Kegiatan ini berlangsung di arena Expo Kota Kupang, Senin (14/10). Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 161/WS, Kolonel Inf. Riko Haryanto menjelaskan bahwa latihan lapangan penanggulangan bencana alam yang digelar tersebut merupakan bagian dari mekanisme pembinaan satuan yang dilaksanakan TNI AD.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan komandan dan staf Korem 161/Wira Sakti dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal hal keterpaduan, kerja sama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan teknik Olah Yudha dan pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki," jelasnya.

Selain itu, kata Kasrem 161/WS, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu posko serta komando dan pengendalian operasi bersama pemerintah dan lembaga non pemerintah dalam menghadapi permasalahan bencana alam di wilayah agar bisa terbangun dengan baik.

"Latihan ini akan divisualisasikan bagaimana Korem 161/Wira Sakti memitigasi dampak bencana alam yang dalam pelaksanaannya oleh Korem 161/Wira Sakti bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Polda, instansi terkait dan stakeholder lainnya secara terpadu," ungkapnya.

Stakeholder terkait, kata Kolonel Inf. Riko Haryanto yakni BPBD Provinsi NTT, Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Divisi Regional Bulog NTT, Dinas PUPR Provinsi NTT, Dinas Sosial Provinsi NTT, Kantor SAR, BMKG dan instansi terkait lainnya tingkat Kota Kupang.

Dikatakan bahwa latihan lapangan ini akan dilaksanakan selama 5 hari yang dimulai sejak Senin-Jumat (14-16/10). Mengusung tema, Korem 161/Wira Sakti melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami kepada pemerintah daerah di Provinsi NTT dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Hadir dalam kegiatan ini, Penjabat Gubernur NTT yang diwakili Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTT, Danrem 161/Wira Sakti diwakili Kasrem 161/WS, Kapolda NTT diwakili Dirsamapta Polda NTT, Danlantamal VII/Kupang diwakili Dansatrol, Danlanud El Tari Kupang diwakili Kadispers Lanud El Tari Kupang, Kabinda NTT diwakili Staf Khusus Binda NTT, Kajati Provinsi NTT diwakili Aspidmil dan sejumlah undangan lainnya. (r1/gat/dek)

  • Bagikan