Kesetaraan Hak Disabilitas Terbukti

  • Bagikan
IMRAN LIARIAN/TIMEX JAMUAN MAKAN MALAM. Keluarga besar atlet NPC NTT dijamu makan malam bersama di Rujab Gubernur NTT, Selasa (15/10).

Torehan Prestasi Atlet NPC NTT Melebihi Target Peparnas XVII/2024 di Solo

Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Provinsi NTT mengakhiri Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) VXII Solo 2024. NPC NTT berhasil menempati peringkat ke-13 dari 35 Provinsi di klasemen akhir perolehan medali.

IMRAN LIARIAN, Kupang

KONTINGEN NPC NTT secara keseluruhan meraih tujuh medali emas, 12 perak dan 13 perunggu. Sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada para atlet NPC NTT, maka Penjabat (Pj) Gubernur NTT, Andriko Noto Susanto menggelar jamuan makan malam bersama para atlet Peparnas XVII/2024.

Jamuan makan malam ini bertempat di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur NTT, Selasa (15/10). Malam penuh keakraban dan kebersamaan terlihat begitu kental.
Penjabat Gubernur NTT, Andriko Noto Susanto pada kesempatan itu mengatakan bahwa ini bukan soal menang atau kalah tapi harga diri NTT.

"Saya senang sekali karena atlet NPC NTT bisa meraih prestasi," ujarnya.

Ini tim yang solid karena merupakan hasil kerja sama semua tim.

"Medali ini untuk kita semua, untuk NTT," jelasnya.

Pemprov NTT, katanya, juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet, tetap bersemangat untuk meraih prestasi. Pemerintah juga memberikan ruang yang sama, setara dan sederajat. Yang penting semangat terus dibangun.

"Semuanya sama untuk wilayah NTT," ujarnya.

Pada kesempatan itu hadir juga, Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi NTT, Viktor Haning.

"Puji Tuhan kesetaraan hak disabilitas hari ini terbukti," ujarnya.

Dirinya berharap agar NPC NTT bisa mendapatkan perhatian dengan diberikan anggaran. Tujuannya agar kesetaraan hak ini bisa dijalankan.

"Target awal itu 3 medali emas, tapi melebihi target. Puji Tuhan kita mendapatkan 7 medali emas. Kami datang membawa uang masyarakat NTT dan bertanding untuk meraih prestasi, bukan jalan-jalan," tegasnya.

Ketika berangkat, tetdapat 35 atlet. Terima kasih banyak kepada Penjabat Gubernur NTT yang telah memberikan perhatian.

"Kami boleh berbangga mengharumkan nama bumi Flobamorata di kancah nasional," tandasnya.

Plt Kadispora NTT, Alfons Theodorus juga mengatakan bahwa kesetaraan hak telah ditunjukkan oleh Pj Gubernur NTT. Keberhasilan 7 medali emas bukan perjuangan yang main-main, tapi ada perjuangan yang sungguh-sungguh.

"Keberhasilan ini sebagai langkah awal untuk menyongsong PON 2028," ujarnya.

Samuel Oktovianus Bili Ngongo selaku Ketua NPC Kabupaten Belu juga sangat mengharapkan agar ada dukungan anggaran dari pemerintah untuk para atlet NPC NTT. (gat/dek)

  • Bagikan