Jangan Takut Gantungkan Cita-cita Setinggi Langit

  • Bagikan
IST LITERASI. Para Anak Binaan LPKA Klas I Kupang mengikuti kegiatan pemberdayaan literasi yang berlangsung di aula LPKA Klas I Kupang, Kamis (17/10).

Balai Bahasa NTT Gelar Pemberdayaan Literasi di LPKA Klas I Kupang

Upaya meningkatkan kualitas literasi di kalangan Anak Binaan terus dilakukan oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kupang. Salah satunya dengan melibatkan Balai Bahasa NTT.

IMRAN LIARIAN, Kupang

LPKA Klas I Kupang dibawa kepemimpinan Lukas Laksana Frans, berada di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone.

Terkait dengan meningkatkan literasi, LPKA Klas I Kupang bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan menggelar kegiatan pemberdataan literasi.

Kolaborasi ini dengan menyelenggarakan program pemberdayaan komunitas penggerak literasi di LPKA yang berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (17-18/10) bertempat di aula LPKA Klas I Kupang.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Seksi Pembinaan LPKA Klas I Kupang, Darius Tage Wea, yang mewakili Kepala LPKA Klas I Kupang, Lukas Laksana Frans, serta pejabat struktural lainnya.

Sementara Tim dari Balai Bahasa Provinsi NTT dipimpin langsung oleh Kepala Balai Bahasa, Elis Setiati.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan anak binaan dalam hal literasi, memperkuat kemampuan membaca, menulis serta memahami informasi secara kritis dan produktif.

Hal ini menjadi salah satu perhatian penting dari LPKA Kupang dalam proses pembinaan kepada Anak Binaan. Lebih dari itu, LPKA Kupang juga terbuka terhadap kolaborasi dari berbagai pihak yang memiliki kepedulian dalam mendukung pendidikan dan perkembangan anak binaan.

“Saya sangat yakin bahwa jika kalian ingin sukses, kuncinya adalah belajar dan terus belajar. Jangan takut untuk menggantungkan cita-cita setinggi langit karena semua itu bisa diraih dengan usaha dan ketekunan mulai dari sekarang,” kata Elis Setiati dengan penuh semangat memotivasi anak-anak untuk berani bermimpi besar.

Mewakili Kepala LPKA Kupang, Darius Tage Wea memberikan apresiasi yang mendalam kepada Balai Bahasa Provinsi NTT atas perhatian dan dukungan terhadap Anak Binaan LPKA.

“Kami sangat berterima kasih atas kegiatan ini yang sangat bermanfaat bagi perkembangan anak binaan kami," ungkapnya.

Literasi memang menjadi fokus pembinaan di LPKA. Kegiatan ini adalah kontribusi besar dalam meningkatkan kemampuan literasi mereka.

Literasi bukan hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang sangat diperlukan untuk membentuk karakter anak-anak dalam menghadapi tantangan masa depan.

Setelah sesi pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber yang memberikan materi seputar literasi, termasuk teknik membaca kritis, menulis kreatif dan pemahaman terhadap informasi media.

Para anak binaan terlihat sangat antusias mengikuti setiap sesi. Mereka aktif bertanya dan berpartisipasi dalam diskusi, menunjukkan minat besar terhadap peningkatan literasi.

Kegiatan ini juga menjadi wadah yang positif bagi anak binaan untuk menyalurkan bakat dan kemampuan mereka dalam bidang literasi. Selain itu, program ini diharapkan dapat membangun rasa percaya diri mereka serta memberikan harapan baru untuk masa depan yang lebih baik.

Lebih dari itu, kegiatan ini tidak hanya diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi anak binaan, tapi juga menjadi langkah awal dalam menciptakan generasi muda yang memiliki pemahaman luas serta keterampilan berpikir kritis.
Kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak yang lebih besar di masa mendatang.

Pemberdayaan literasi di lingkungan LPKA merupakan salah satu bentuk nyata dukungan terhadap hak pendidikan bagi semua anak, termasuk anak-anak yang sedang menjalani masa pembinaan.

Literasi yang kuat, diharapkan mereka dapat membangun masa depan yang lebih cerah dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setelah menyelesaikan masa pembinaan.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi bukti perhatian Balai Bahasa Provinsi NTT terhadap pengembangan literasi, tetapi juga komitmen LPKA Kupang dalam memberikan pembinaan terbaik bagi anak binaannya. Antusiasme yang tinggi dari para peserta menunjukkan betapa pentingnya program seperti ini dalam membentuk masa depan mereka. (gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version