Perkuat Kesiapan Komando Respon Keadaan Darurat

  • Bagikan
IST PANTAU. Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Muhammad Zamroni meninjau langsung pelaksanaan kegiatan latihan lapangan penanggulangan bencana alam di Arena Expo Kota Kupang, Kamis (17/10).

Pangdam IX/Udayana Pantau Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen TNI Muhammad Zamroni meninjau langsung pelaksanaan kegiatan latihan lapangan penanggulangan bencana alam yakni gempa bumi dan tsunami. Kegiatan ini berlangsung di Arena Expo Kota Kupang, Kamis (17/10).

Pada kesempatan kunjungan itu, Pangdam IX/Udayana didampingi Komandan Korem (Danrem) 161/Wira Sakti (WS), Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes. Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Muhammad Zamroni mengatakan bahwa latihan tersebut sangat penting untuk memperkuat kesiapan komando dalam merespon keadaan darurat saat bencana alam.

“Latihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis, tapi juga membangun koordinasi yang lebih baik antara satuan militer, pemerintah daerah dan lembaga lainnya,” kata Mayor Jenderal TNI Muhammad Zamroni.

Pangdam IX/Udayana menekankan bahwa kerja sama adalah kunci dalam penanganan bencana yang efektif.

Untuk diketahui, latihan ini merupakan bagian dari operasi tanggap darurat bencana alam yang digelar Korem 161/WS.

Tujuannya untuk mengasah kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya gempa bumi dan tsunami.

Latihan ini juga melibatkan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Daerah dan instansi teknis terkait lainnya. Kegiatan ini sebagai bentuk sinergi dalam penanggulangan bencana.

Korem 161/WS memimpin latihan yang mencakup simulasi penanganan bencana seperti gempa bumi dan tsunam. Apalagi, ke dua bencana alam ini merupakan ancaman potensial di wilayah NTT.

Turut hadir pada kegiatan peninjauan ini Kapolda NTT, Danrem 161/WS, Danrindam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana dan para Kasi Kasrem 161/WS serta instansi terkait lainnya. (r1/gat/dek)

  • Bagikan