STY Janji Perbaiki Permainan Timnas Indonesia

  • Bagikan
Sthin tae Yong

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID– Tim nasional Indonesia kalah 1-2 oleh Tiongkok di Qingdao Youth Football Stadium (15/10). Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) tidak mau mencari alasan di balik kekalahan itu.

Dia lebih memilih untuk mencari cara agar timnya bisa sesegera mungkin memetik kemenangan perdana dalam ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia grup C.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan, timnas Indonesia masih memiliki enam pertandingan sisa. Yaitu, melawan Arab Saudi (home), Australia (away), Bahrain (home), Tiongkok (home) serta kandang-tandang menghadapi Jepang.

’’Jadi, pertandingan ini (melawan Tiongkok, Red) bukanlah akhir. Kami akan mempersiapkan pertandingan berikutnya dengan baik. Dan, menunjukkan kondisi yang lebih baik,’’ ujarnya.

STY menambahkan, salah satu hal yang akan diperbaiki adalah penyelesaian akhir. Berdasar statistik, timnas Indonesia lebih agresif dalam melepaskan tembakan.

Total ada 16 percobaan tembakan dengan 6 shot on target. Sementara itu, Tiongkok hanya memiliki 5 percobaan tembakan dengan 3 shot on target.

Namun, Tiongkok lebih efektif dalam menuntaskan peluang. Hal itu dibuktikan dengan bersarangnya dua gol Tiongkok ke gawang Maarten Paes. Masing-masing gol dicetak oleh Baihelamu Abuduwaili (23') dan Yuning Zhang (44'). Sementara itu, satu-satunya gol Indonesia diciptakan Thom Haye pada menit ke-85.

’’Dalam pertandingan melawan Tiongkok, kami mampu menjaga aliran permainan yang baik. Tapi, sayangnya, kami tidak mendapatkan banyak peluang untuk menembak. Kami kurang beruntung. Kami akan berusaha keras untuk mengubah penampilan kami di pertandingan berikutnya,’’ ungkap pelatih 54 tahun tersebut.

Lawan Dianggap Banyak Membuang Waktu

Sementara itu, Thom Haye, gelandang timnas Indonesia, menyatakan ketidakpuasannya terhadap cara bermain Tiongkok. Menurut dia, Tiongkok terlalu banyak membuang-buang waktu.

’’Mereka tidak bermain sepak bola. Saya merasa sedikit kecewa. Kami bermain melawan tim yang hanya membuang waktu dan terjatuh,’’ ucap pemain 29 tahun tersebut.

Terlepas dari itu, Haye memastikan timnas Indonesia akan berbenah. Semua lini akan diperkuat. Tidak terkecuali sektor pertahanan.

’’Kami kebobolan dua gol dengan cara yang terlalu mudah,’’ tegasnya. (fiq/c17/ali/jpg/gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version