Bangun Kota Kupang Butuh Kerja Sama Harmonis,Tiga Pimpinan DPRD Resmi Dilantik

  • Bagikan
IST LANTIK. Pimpinan DPRD Kota Kupang resmi dilantik oleh Ketua PN Kelas IA Kupang, Fery Haryanta di ruang sidang utama DPRD Kota Kupang, Selasa (22/10)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang akhirnya resmi dilantik pada Selasa (22/10). Pelantikan pimpinan DPRD Kota Kupang ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kupang, Fery Haryanta.

Tiga pimpinan DPRD Kota Kupang yang dilantik kemarin di ruang sidang utama DPRD Kota Kupang masing-masing Richard Odja sebagai Ketua DPRD, Jabir Marola sebagai Wakil Ketua I dan Yeskiel Loudoe sebagai Wakil Ketua II.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Kupang, Richard Odja mengatakan, pelantikan ini merupakan amanah besar yang diberikan oleh masyarakat kepada semua anggota DRPD, khususnya kepada pimpinan DPRD periode 2024-2029.

"Kami menyadari sepenuhnya bahwa tugas yang ada di depan mata tidaklah ringan. Namun, dengan semangat kebersamaan, kerja keras, dedikasi dan atas perlindungan tuhan, saya yakin kami akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya," kata Richard.

Pada kesempatan ini, Richard menekankan beberapa hal penting yang harus menjadi fokus bersama selama masa jabatan ini yaitu sinergi antara DPRD dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang harus terus diperkuat.

Sebab, hanya dengan kerja sama yang harmonis dan dialog yang konstruktif, maka bisa diastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang dirumuskan dapat diterapkan dengan baik dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat Kota Kupang.

"DPRD akan terus mendukung pemerintah, dalam melaksanakan program-program strategis, termasuk yang sejalan dengan prioritas pembangunan nasional. Seperti percepatan penurunan kemiskinan, pengentasan stunting, peningkatan akses pendidikan dan kesehatan, serta pembangunan infrastruktur dasar yang juga merupakan visi misi presiden republik indonesia bapak jenderal tni purn. Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Republik Indonesia bapak gibran raka buming raka yang baru saja dilantik pada tanggal 20 oktober 2024," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh anggota DPRD untuk senantiasa menjaga komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah. Sinergi ini sangat penting untuk memastikan setiap program yang disepakati bersama benar-benar berdampak positif bagi masyarakat Kota Kupang.

"Selain itu, kita juga harus meningkatkan komunikasi antar Forkopimda. Kolaborasi antara DPRD, pemerintah, Polri ,TNI, Kejaksaan serta seluruh unsur pimpinan daerah lainnya harus semakin solid. Hubungan yang baik antarlembaga ini akan memperkuat upaya kita dalam menjaga stabilitas daerah dan mempercepat pelaksanaan program-program strategis yang telah direncanakan," tandasnya.

Tugas selanjutnya, kata dia, setelah rapat paripurna ini maka akan dilaksanakan beberapa agenda yang harus diselesaikan. Di antaranya, penetapan peraturan DPRD tentang tata tertib, pembentukan alat kelengkapan DPRD, penyusunan rencana kerja DPRD tahun 2025, penyusunan program pembentukan peraturan daerah tahun 2025, dan pembahasan rancangan perda tentang apbd kota kupang tahun anggaran 2025.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Linus Lusi mengatakan, pimpinan DPRD berasal dari partai politik yang berbeda, tapi bersatu dalam satu tujuan, menjembatani aspirasi masyarakat demi kesejahteraan yang kita wujudkan bersama melalui lembaga DPRD.

Perbedaan yang ada bukanlah menjadi penghalang, melainkan harus menjadi kekuatan yang memperkaya semangat dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat dan daerah.

"Dalam hal ini, kolaborasi dan sinergi antara eksekutif dan legislatif menjadi kunci keberhasilan kita dalam menghadapi tantangan dan mewujudkan cita-cita pembangunan Kota Kupang yang lebih baik. Mari kita bergandengan tangan, bekerja sama dan membentuk sebuah tim yang solid, guna menjalankan amanah rakyat dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Linus Lusi juga menyampaikan selamat kepada pimpinan DPRD masa jabatan 2024-2029 yang dilantik kemarin. Dikatakan, masyarakat Kota Kupang menantikan upaya dan pengabdian pimpinan DPRD untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan Kota Kupang.

"Semoga kerja sama yang kita bangun ini dapat membawa dampak nyata bagi kehidupan masyarakat, dengan tujuan untuk menciptakan kesejahteraan, keadilan dan kemakmuran bagi seluruh warga Kota Kupang," pungkasnya. (thi/gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version