Debat Perdana Pilkada TTS di GOR Nekmese, Ketua KPU Andhy Funu Beberkan Tema dan Moderator

  • Bagikan
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024 .(IST)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Andhy Bresly A. Funu, SH mengatakan, salah satu tahapan dalam pelaksanaan kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) di wilayah itu adalah debat antar pasangan calon (Paslon). "Debat perdana untuk Pilkada TTS berlangsung Jumat (25/10) sore, pukul 14.00 Wita bertempat di GOR Nekmese, SoE," jelas Andhy saat dikonfirmasi media ini, Kamis (24/10).

Andhy menyebutkan, debat perdana dari rencana tiga kali debat ini akan diikuti lima pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati TTS, yakni Salmun Tabun-Marten Tualaka, paslon Daniel Frans Oematan-Uksam B. Selan, lalu Alexander Kase-Johanis Lakapu, kemudian paslon Egusem Piether Tahun-Johan Christian Tallo, dan pasangan Eduard Markus Lioe-Jhony Army Konay.

Andhy memastikan bahwa para paslon telah diberitahukan mengenai agenda debat, termasuk penyebaran undangan bagi para pihak yang akan diundang pada debat perdana ini. "Jadi sesuai ketentuan dalam debat nanti, mereka yang hadir di arena debat adalah mereka yang Namanya sudah terdaftar atau memiliki undangan debat. Jadi tidak semua orang bebas masuk area debat. Yang bisa masuk hanya yang punya undangan atau namanya sudah terdaftar di KPU," tegas mantan anggota Bawaslu TTS ini.

Andhy menegaskan hal ini dengan pertimbangan agar seluruh proses debat berjalan aman dan lancar. "Kami sebagai penyelenggara pemilihan tentu berharap semua proses debat besok nanti (Jumat, 25/10) berjalan aman. Sejauh ini persiapan debat berjalan baik, rapat koordinasi dengan tim penghubung paslon juga sudah dilakukan demi kelancaran debat," ujar Andhy.

Menyinggung mengenai tema dan siapa yang bakal memandu jalannya debat sebagai moderator, Andhy menyebutkan bahwa tema debat perdana ini adalah Peningkatan Kemajuan Daerah Melalui Pelayanan Publik yang Maksimal Demi Terciptanya Kesejahteraan Masyarakat Timor Tengah Selatan. "Dari tema ini, ada lima sub tema, yakni meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatkan kualitas pendidikan, dan meningkatkan tata Kelola Kesehatan. Selanjutnya sub tema berikut adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan meningkatkan kualitas pelayanan public," beber Andhy.

Mengenai moderator debat, Andhy mengatakan, KPU TTS melalui pleno telah menentukan Elvira Khairunnisa. Elvira merupakan seorang reporter/penyiar senior di dunia jurnalistik. Berbekal pengalaman yang dimiliki Elvira, Andhy yakin sosok jurnalis ini mampu memandu jalannya debat dengan baik. (aln)

  • Bagikan