KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Kupang kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan meluncurkan sejumlah perubahan terbaru. Dengan memanfaatkan kanal media sosial dan berita online, beberapa perubahan berupa inovasi tersebut diluncurkan pada Kamis (28/11).
Kepala Kantor Imigrasi Kupang, Nanang Mustofa, menyampaikan bahwa inovasi-inovasi ini hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan efisien. "Kami ingin memberikan pengalaman yang berbeda dalam layanan keimigrasian, sehingga masyarakat dapat merasa nyaman dan terbantu," ujarnya.
Adapun lima inovasi terbaru yang diluncurkan adalah Si Miku Ba TOS (Take On Saturday) Layanan khusus untuk pengambilan paspor setiap hari Sabtu, dari pukul 09.00 hingga 12.00 siang. Layanan ini diharapkan membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu di hari kerja.
Si Miku Manyala (Layanan saat Jam Istirahat) Layanan ini memungkinkan masyarakat tetap dapat dilayani pada jam istirahat setiap hari kerja, sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk menunggu.
Si Miku Bainfo (Informasi Paspor Selesai) yaitu layanan pemberitahuan paspor selesai yang dikirim langsung melalui pesan WhatsApp.
Si Miku Batanya (Informasi dan Pengaduan via WhatsApp dan Media Sosial). Layanan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menyampaikan pertanyaan atau pengaduan terkait keimigrasian melalui WhatsApp dan media sosial resmi Kanim Kupang.
Yang terakhir, Si Miku Gercep yaitu Inovasi layanan satu hari untuk Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terkait paspor yang rusak atau hilang, memberikan solusi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan dokumen tersebut secara mendesak.
Selain meluncurkan inovasi pelayanan, Kanim Kupang juga memperkenalkan maskot baru berupa dugong yang memakai riasan kepala dan kain khas daerah Alor bernama Si Miku. Maskot terbaru ini melambangkan persahabatan dan semangat baru dalam melayani masyarakat dengan keterbukaan, inspiratif serta kreativitas yang tanpa batas.
Dengan berbagai inovasi dan pendekatan baru ini, diharapkan Kantor Imigrasi Kupang dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanannya serta membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi keimigrasian.
Kanim Kupang berkomitmen untuk terus melakukan terobosan-terobosan yang relevan dan adaptif demi memberikan pelayanan publik yang maksimal. "Kami ingin masyarakat tidak hanya puas, tetapi juga bangga dengan pelayanan yang kami berikan," tutup Nanang. (*/yp)