AHY Minta Kader Kompak, Leo Lelo Resmi Pimpin Demokrat NTT

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta para kader Partai Demokrat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk selalu menjaga kekompakan dalam menghadapi Pemilu 2024, dan menjaga amanah yang diberikan sebagai pengurus.

Pesan itu disampaikan AHY dalam sambutannya secara virtual pada acara pelantikan dan pengukuhan dua kepengurusan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2021-2026 masing-masing DPD Kalimantan Timur yang dipimpin Irwan dan Leonardus Lelo sebagai Ketua DPD Partai Demokrat NTT.

Acara yang berlangsung di Hotel Kristal, Jumat (11/3) ini dihadiri seluruh pengurus tingkat provinsi, DPC, Ketua DPD PDIP NTT, Emelia J. Nomleni, Mantan Wagub NTT, Benny Litelnoni, Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Benny Kabur Harman, anggota DPR RI Anita Jacoba Gah, SE. Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Uskup Agung Kupang Mgr. Petrus Turang, Pr dan Forkopimda NTT mengikuti acara secara virtual.

AHY dalam sambutannya mengaku bangga selama mengikuti proses pelantikan karena disuguhi ragam tarian lokal maupun kontemporer. Ia menyebut amanah yang diberikan tersebut merupakan sesuatu yang harus dijaga, karena ada harapan yang ditaruh di pundak para pengurus.

Pada kesempatan itu, AHY menyampaikan terima kasihnya kepada pengurus Partai Demokrat periode sebelumnya yang dipimpin Jefri Riwu Kore karena telah bekerja lima tahun. “Kepada Bapak Jefri Riwu Kore yang telah menjalankan kepemimpinannya. Saya menyampaikan terima kasih,” katanya.

AHY menegaskan, perbedaan adalah sebuah hal wajar dan tentu merupakan sehat dalam berorganisasi. Tetapi jangan sampai perbedaan kemudian menjadi sumber memecah belah keutuhan Partai Demokrat. Dia mengingatkan agar para pengurus dan kader untuk mulai bersiap diri untuk tugas-tugas yang sudah ada.

Partai Demokrat, lanjutnya, menyuarakan agar semua elemen tidak menghadirkan isu atau masalah baru dalam masa pandemi Covid-19 yang justru mencederai semangat demokrasi di Indonesia. Terkait persiapan Pemilu 2024 nanti, dia mengajak seluruh kader untuk mulai bekerja menyongsong pesta demokrasi lima tahunan itu dan mulai saat ini bekerja secara maksimal untuk meraih kemenangan.

Acara pelantikan dan pengukuhan Leonardus Lelo sebagai Ketua DPD Partai Demokrat NTT ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji jabatan, penandatanganan berita acara pelantikan, dan diakhiri dengan penyerahan pataka dari Ketua Umum DPP Demokrat kepada Ketua DPD Demokrat NTT yang dilakukan secara simbolis.

Dalam SK Nomor: 46 /SK/DPP.PD/DPD/1/2022 tentang Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat NTT periode 2021-2026, Leonardus Lelo didampingi Daniel Samuel Hake sebagai Sekretaris dan Achmad Arafat Gudban sebagai Bendahara. Dalam SK yang ditandangani AHY dan Sekjen Teuku Riefky Harsya ditetapkan Johanes Kaunang sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Daerah dan Emanuel Babu Eha sebagai Ketua Dewan Kehormatan.

Ketua DPD NTT, Leonardus Lelo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada DPP Partai Denokrat yang sudah menunjuknya menahkodai partai berlambang mercy itu.

Ia berkomitmen untuk berjuang bersama rakyat dan mengajak semua kader untuk menciptakan program yang menyentuh masyarakat kecil. Pada kesempatan tersebut Leo Lelo berharap adanya konsistensi dalam berpartai dan sekaligus meneguhkan kebersamaan. “Saya membuatnya dalam lima pilar kebenaran Partai Demokrat NTT,” ucap Leo Lelo.

Sebagai kader partai, urainya, harus bisa memahami undang-undang partai, harus memahami dan menghayati AD/ART partai, harus memahami PO partai, harus pula memahami visi misi Ketua DPD Partai Demoktrat dan harus mampu memahami kepribadian dirinya sendiri dengan ideologi nasional religius.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Ketua umum DPP Partai Demokrat AHY dan mantan Ketua Umum Soesilo Bambang Yudhoyono yang telah memberi kepercayaan kepada dirinya memimpin Partai Demokrat NTT.

“Akan saya lakukan sesuai kemampuan saya Bersama dua 22 DPC di NTT, 309 PAC, 3. 453 ranting. Saya yakin Partai Demokrat NTT akan menang di Pemilu Tahun 2024, Pilpres maupun Pilkada,” jelasnya.

Pada bagian lain, Leo Lelo menyebut bahwa kepengurusan Partai Demokrat dibawa kepemimpinnnya diisi generasi milenial atau anak muda dan terasa inklusif dan dinamis. Sebab yang mengisi kepengurusan ada sejumlah seniman, atlet, hingga selebritas muda. Bahkan terdapat pula pengusaha dan mantan pejabat. “Pastinya kehadiran mereka bukan sekedar nama saja, namun berkomitmen dan tekadnya membesarkan Partai Demokrat di NTT,” katanya.

Setelah terbentuk kepengurusan baru ini, kita harus bekerja untuk mencapai target-target yang diungkapkan oleh Ketua Umum,” tegas alumni FISIP Unika Widyamandira ini.

Ia berkeyakinan talenta anak muda dan tokoh baru akan mewarnai PD NTT dengan kreativitas. Dan hal itu sebagai bukti bahwa NTT tidak kekurangan semangat dan energi positif untuk terus dikobarkan.

Ia berjanji bersama jajaran pengurusnya akan mewujudkan kembali kemenangan pada Pemilu 2024 mendatang. “Kami ini kuda hitam dari Timor. Kami siap mengikuti perintah Ketum AHY untuk memenangkan Pilpres, Pileg maupun Pilkada di wilayah NTT pada pemilu nanti,” tandasnya. (*)

PENULIS: Intho Herison Tihu

  • Bagikan