YBM BRILiaN Regional Office Denpasar Launching Program WASH di Desa Ello-TTS

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN Regional Office Denpasar melaksanakan launching program Water Sanitation and Hygiene (WASH) di Dusun Eon Ana, Desa Ello, Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Sabtu (19/3).

Program ini memfasilitasi masyarakat Dusun Eon Ana untuk mendapatkan akses air bersih dengan pembangunan tower air dan jalur pipanisasi. Terdapat sumur bor yang berada di lahan Masjid Al-Istiqomah dan menjadi salah satu sumber air bersih bagi masyarakat Dusun Eon Ana, terdapat sekitar 122 KK (854 jiwa) yang dapat menerima manfaat dari program ini.

Penyaluran dana zakat secara simbolis diberikan oleh Eddy Enggartiasto, selaku Pemimpin Cabang BRI SoE kepada Syamsudin Metboki, S.Pd.I, Kepala Desa Ello, didampingi Raden Ibnu Haikal, selaku YBM BRILiaN RO Denpasar, H. Burhanudin Nogo, Ketua MUI Kecamatan Fatukopa, Iptu Heru Leonardo, Kapolsek Amanuban Timur.

Peresmian jalur pipanisasi ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Pemimpin Cabang BRI SoE.

Ketua YBM BRILiaN Denpasar, Raden Ibnu Haikal, dalam keterangan tertulisnya kepada media ini meminta masyarakat Desa Ello agar dapat menggunakan serta menjaga fasilitas yang diberikan dengan baik.

“Semoga sumber air yang telah ada dan mengalir dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya pembangunan bak penampungan (reservoar) dan jalur pipanisasi, diharapkan memudahkan warga dalam mengakses air bersih khususnya di Desa Ello,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, H. Burhanuddin Nogo, menyampaikan apresiasi atas program yang dilaksanakan oleh YBM BRILiaN. Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia, dengan mengalirnya air tersebut dan dimanfaatkan warga maka mengalir pula amal jariyah bagi para muzakki (seorang muslim yang membayar zakat).

“Mewakili penerima manfaat, saya mengucapkan terima kasih atas program yang dilaksanakan di wilayah Desa Ello. Semoga Allah SWT membalas kebaikan para muzakki,” ungkapnya.

Saat peninjauan lokasi, Abdullah P. Ulumando sebagai vendor pelaksana CV. Kendra turut serta mendampingi dan menjelaskan kepada rombongan mengenai teknis penyaluran dan pemasangan jalur pipanisasi.

“Kami membangun tower air setinggi 4 meter yang berfungsi untuk menyalurkan air melalui pipanisasi dengan panjang ± 1200 meter. Masyarakat dapat mengakses air bersih melalui bak penampungan (reservoar) yang kami tempatkan sekitar 7 titik di sepanjang jalan dusun,” jelasnya.

Satu hal menarik disampaikan Kepala Desa Ello, Syamsudin Metboki, bahwa penggunaan air bersih yang berasal dari sumber dari lahan masjid tidak hanya digunakan oleh masyarakat muslim tetapi juga non muslim.

“Jalur pipanisasi kami sengaja kami berikan juga bagi saudara kami umat Nasrani agar mereka juga memiliki kemudahan dalam mengakses air bersih. Ada dua reservoir yang kami tempatkan di depan Gereja Imanuel Eon Ana dan rumah warga non-muslim. Kami ingin menunjukkan bahwa Islam merupakan agama yang Rahmatan Lil Alamin,” ungkapnya.

Untuk diketahui, YBM BRILiaN merupakan lembaga filantropi Islam pengelola dana Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf yang dilaksanakan secara professional, sesuai aturan dan ketentuan dalam syariat Islam.

Beberapa program YBM BRILiaN antara lain bidang pendidikan berupa program beasiswa intensif dan berprestasi My Scholarship, Smart Scholarship dan Bright Scholarship. Bidang Sosial berupa program pemberdayaan keluarga (Family Strengthen) dan sarana prasarana air bersih (WASH). Bidang Ekonomi, peningkatan keterampilan ekonomi dan peningkatan usaha (Income Generating) dan gerobak UMKM. (r1)

  • Bagikan