Sosialisasikan Informasi Keimigrasian dan Sekolah Kedinasan Poltekim, Imigrasi Kupang sasar Pelajar dan Mahasiswa di Waingapu

  • Bagikan
IST

WAINGAPU, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Imigrasi Kupang melalui Seksi Teknologi dan Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikkim) kembali menegaskan komitmennya dalam memberikan informasi yang terbaik kepada masyarakat yang kali ini melalui kegiatan sosialisasi dengan menargetkan pelajar, mahasiswa serta tenaga pendidik di Waingapu, Sumba Timur, pada Sabtu (27/04/2024).

Inisiatif utama dalam kegiatan ini adalah secara aktif menggelar program sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman khuausnya generasi muda tentang prosedur keimigrasian, mengedukasi mengenai pentingnya peran keimigrasian serta memberi informasi mengenai paluang pendidikan di sekolah kedinasan Politeknik Imigrasi (Poltekim).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Tikkim, Reza Fatahillah, menegaskan bahwa pemahaman yang baik tentang keimigrasian sangat penting bagi setiap individu, terutama bagi generasi penerus. "Sosialisasi ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pemahaman, tetapi juga untuk mendorong minat mereka dalam bidang keimigrasian," ujarnya.

Dalam pemaparannya, Reza memberikan penjelasan mendalam tentang berbagai aspek keimigrasian melalui tugas dan fungsi Keimigrasian, termasuk proses layanan Paspor, visa dan izin tinggal, pemeriksaan Keimigrasian dalam kedatangan dan keberangkatan, inovasi serta penegakkan hukum.

Selain itu, informasi tentang Poltekim oleh Analis Keimigrasian, Emmanuel Moa, disampaikan dengan tujuan untuk memberikan pilihan pendidikan yang beragam bagi pelajar dan mahasiswa yang tertarik dalam bidang keimigrasian. Poltekim diharapkan dapat menjadi wadah bagi mereka yang ingin mengembangkan karir di bidang ini.

Acara sosialisasi ini diikuti dengan antusias oleh para peserta, yang mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan mengenai tugas Keimigrasian, Visa dan Izin tinggal, syarat masuk Imigrasi baik melalui sekolah kedinasan maupun jalur CPNS serta terkait pengawasan orang asing. Mereka mengaku bahwa acara ini memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai keimigrasian dan membuka wawasan baru tentang peluang pendidikan di bidang tersebut.

Program sosialisasi ini diharapkan mampu menciptakan kesadaran yang lebih tinggi dalam masyarakat, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa, tentang pentingnya pemahaman yang baik mengenai aturan keimigrasian dan implikasi dari pelanggaran tersebut serta juga memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi karir di bidang tersebut melalui Poltekim. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih teratur dan tertib dalam hal keimigrasian di wilayah kerja Imigrasi Kupang. (YP)

  • Bagikan

Exit mobile version