Munas Pertama Jaket Merah Siap Digelar

  • Bagikan
Kanisius Poto

ENDE, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Musyawarah nasional Jaringan Tapak Sejarah Bung Karno (Jaket Merah) siap digelar di Kabupaten Ende. Setidaknya ada 21 kabupaten/kota yang ada di Indonesia yang masuk dalam Forum Jaket Merah. Berkaitan dengan munas pertama Jaket Merah, Kabupaten Ende ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan munas pertama.

Ketua panitia munas pertama Jaket Merah, Kanisius Poto yang ditemui di kantor bupati Ende, Senin (13/5)  menyatakan, pascaditunjuk sebagai penyelenggara munas pertama, kini  Ende telah siap untuk pelaksanaan tersebut.

Dia menyebutkan, pelaksanaan kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan parade kebangsaan dan pelaksanaan apel Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024.

"Untuk munas Jaket Merah nanti diadakan pada 31 Mei 2024, selanjutnya juga ikut dalam parade kebangsaan dan peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni," kata Kanisius Poto yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Ende.

Dalam munas tersebut lanjut Kanisius, nantinya akan dilaksanakan seminar nasional, pembahasan anggaran dasar dan anggran rumah tangga Forum Jaket Merah dan deklarasi Jaket  Merah pada saat momen apel Hari Lahir Pancasila.

Selain itu tandasnya, para peserta forum akan diajak berwisata ke Situs Bung Karno, Kelimutu dan dua desa adat yakni Wologai Tengah dan Nggela.

Dijelaskan, kehadiran Jaket Merah ingin menampilkan kembali sejarah perjuangan Bung Karno, di mana punya makna yang mendalam bagi sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

"Ini yang perlu diketahui oleh generasi penerus bangsa sehingga Pancasila yang telah diwariskan untuk bumi pertiwi ini senantiasa menjadi jati diri bangsa dalam mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera," kata dia.

Dijelaskan, munas Jaket Merah sebenarnya merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan deklarasi "Jaringan Kota/Kabupaten Tapak Sejarah Bung Karno" (Jaket Bung Karno) di Blitar dan kemudian Ende ditunjuk sebagai kota untuk penyelenggaraan rakor sekaligus penandatanganan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga untuk Jaket Bung Karno.

Disebutkan, kota-kota yang masuk dalam Jaket Merah diantaranya, Kota Blitar tempat di mana Bung Karno dimakamkan. Surabaya di mana Bung Karno dilahirkan. Kemudian Bung Karno sekolah di Jombang, Mojokerto   Sidoarjo dan Tulungagung.

Selain itu di Kota Bandung Bung Karno pernah menjalani pendidikan dibangku kuliah dan di Bengkulu Bung Karno pernah diasingkan dan di Ende Bung Karno diasingkan dan menemukan inspirasi lima butir Pancasila.

Panitia, lanjut Kanisius dalam beberapa hari ke depan akan melakukan rapat pemantapan terkait dengan persiapan dan pelaksanaan munas pertama Jaket Merah.

"Kami berharap ke 21 kabupaten/kota semuanya hadir dan undangan sudah kami kirimkan, termasuk inisiator yakni Kota Blitar," pungkasnya.

Adapun 22 labupaten/kota itu yakni Provinsi Jawa Timur; Kota Surabaya, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kota Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jombang. Provinsi Sumatra Selatan; Kota Palembang, Provinsi  DKI Jakarta; Kota Jakarta, Provinsi Jawa Tengah; Kota Surakarta dan Kota Yogyakarta.

Selain itu, Provinsi NTT; Kabupaten Ende, Provinsi Sumatra Barat; Kota Padang dan Kota Bukittinggi, Provinsi Jawa Barat; Kabupaten Karawang,  Kota Bandung dan Kota Bogor.

Sementara itu juga dari Provinsi Bangka Belitung yakni Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Sumatra Utara; Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun dan Provinsi Bengkulu; Kota Bengkulu. (kr4/ays)

  • Bagikan