Korban Bencana Terima Bantuan dari Kemensos, Diserahkan Pj Bupati Ende

  • Bagikan
ALEX SEKO/TIMEX SANTUNAN. Pj Bupati Ende, Agustinus Ngasu menyerahkan santunan kepada ahli waris korban bencana alam, Senin (10/6).

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Pj Bupati Ende, Agustinus Gaja Ngasu menyerahkan santunan dari Kementerian Sosial kepada korban pascabencana alam, beberapa waktu lalu. Pemberian santunan dilaksanakan di dua lokasi berbeda, Senin (10/6).

Penyerahan santunan bagi korban bencana di wilayah Kabupaten Ende seperti di Kelurahan Rewarangga Selatan, Kelurahan Lokoboko, Desa Wolotopo Timur dan Kelurahan Mautapaga.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Penjabat Bupati Ende, Agustinus G Ngasu berupa dana santunan masing–masing senilai Rp 15 juta kepada ahli waris dari para korban bertempat di dua lokasi. yakni di rumah keluarga korban di jalan WZ Johannes dan di Kelurahan Lokoboko.

Hadir menyaksikan pemberian santunan, perwakilan Kementerian Sosial RI, Yayasan Efrata Kupang, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ende, Kapitan Lingga beserta jajaran, Kepala DPPKB Kabupaten Ende, Muna Fatma,  Lurah Rewarangga Selatan, Nani Hadijah, Camat Ndona, Yoseph Lebu, Sekretaris Desa Wolotopo Timur serta anggota keluarga dan kerabat korban.

Pj Bupati Ende dikesempatan tersebut  menyampaikan ucapan belasungkawa atas musibah dan duka yang dialami. Dia berharap bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Sebagai ahli waris dari para korban saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan secara baik untuk keberlangsungan hidup dari anggota keluarga korban seperti membuka usaha, membeli bibit tanaman jika punya lahan perkebunan, membiayai anak sekolah, mengingat beberapa diantara korban adalah kepala keluarga dan orang tua,” pesannya.

Dikatakan, dengan melihat kondisi topografi di lokasi kejadian yang rawan longsor, Agustinus mengarahkan warganya agar tanggap terhadap situasi jika terjadi peningkatan curah hujan untuk segera mengevakuasi diri dan  keluarga.

Ia katakan, pemerintah telah mempersiapkan lokasi translok jika ingin pindah kedaerah yang lebih aman.

"Jika bapak ibu ingin pindah, pemerintah telah menyiapkan translok di Kolikapa Kecamatan Maukaro atau ingin keluar daerah pemerintah juga akan memfasilitasi," ujar dia.

Dirinya meminta agar Kementerian  Sosial selain membantu korban bencana alam, bantuan juga dapat diberikan kepada korban kebakaran.

"Sering terjadi musibah kebakaran dan hingga sekarang ada yang masih tinggal ditenda atau di rumah keluarga. Kami minta Kemensos bisa juga memberikan bantuan," kata dia.

Sementara itu, Sity Faridah dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial RI menyampaikan ucapan terima kasih karena mereka telah dibantu dalam melengkapi administrasi sehingga proses santunan bisa berjalan dengan baik.

"Terkait dengan permintaan soal korban kebakaran kami akan komunikasikan dengan direktorat yang membidangi," kata dia.

Mewakili Menteri Sosial, ia menyampaikan rasa belasungkawa dan keprihatinan atas bencana alam yang terjadi di Kabupaten Ende. (kr4/ays/dek)

  • Bagikan