MESIN GOL CR7-SCHICK MENYALA LAGI

  • Bagikan
UEFA.Com PERSAINGAN BERLANJUT. Cristiano Ronaldo kembali akan berduel dengan Patrik Schick untuk mengejar top Skorer Euro 2024, dimulai dinihari nanti

Portugal vs Republik Ceko

LEIPZIG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Kapten dan striker Portugal Cristiano Ronaldo serta penyerang Republik Ceko Patrik Schick sama-sama memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Euro 2020 dengan 5 gol. Hanya, Ronaldo yang berhak atas golden boot seiring memainkan laga lebih sedikit (4 laga) ketimbang Schick (5 laga).

Persaingan produktivitas gol itu pun seperti berlanjut di Euro 2024 seiring Ronaldo dan Schick head-to-head dalam matchday pertama grup F di Leipzig Stadium dini hari nanti (siaran langsung RCTI/Euro 1/Euro 3/Sportstars 3/Sportstars 4 pukul 02.00 WIB).

Kebetulan, CR7 –sebutan Ronaldo– maupun Schick sudah menggelora dalam laga pemanasan sebelum Euro. Ronaldo memborong dua gol kemenangan Portugal saat mengalahkan Irlandia 3-0 di Aveiro (12/6). Sedangkan Schick menorehkan gol pembuka Ceko ketika menang 2-1 atas Makedonia Utara di Hradec Kralove sehari sebelumnya (11/6).

Berbicara di laman resmi UEFA, Schick tidak kecewa ketika golden boot Euro 2020 jadi milik Ronaldo. Sebab, dia juga merasa punya koleksi gol yang sama dengan pemain 39 tahun tersebut. Ketika aku melihat lagi ke Euro sebelumnya (2020), aku berpikir bahwa bisa sejajar dengan CR7 sudah jadi kebanggaan, tutur striker 28 tahun itu.

Schick yang membela Bayer Leverkusen tetap menganggap Ronaldo sebagai panutan. Terutama melihat edisi Euro yang telah diikuti CR7. Euro tahun ini menjadi Euro keenam bagi Ronaldo dan itu merupakan yang paling banyak bagi seorang pemain.

Bukan hanya itu. Andai menjebol gawang Ceko dini hari nanti, CR7 bakal menorehkan rekor lainnya, yakni pencetak gol tertua di Euro. Ronaldo bakal memecahkan rekor striker Austria Ivica Vastic yang mencetak gol di Euro 2008 ketika sudah berusia 38 tahun 257 hari.

Saat ini aku menikmati sepak bola. Rekor adalah konsekuensinya. Jadi, aku tidak menganggap rekor sebagai target karena yang seperti itu akan datang dengan sendirinya, beber Ronaldo seperti dilansir dari AFP.

Kepada Maisfutebol, treinador Portugal Roberto Martinez menyebutkan, masih memiliki Ronaldo dalam skuad di Euro 2024 sangat penting. Ronaldo bisa menjadi contoh bagi rekan setimnya. Menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencapai lebih dari 200 kali main di timnas adalah capaian yang tidak mudah. Yang membuat kami kagum adalah bagaimana Ronaldo meraihnya dengan usianya sekarang, tuturnya.

Hanya, tidak akan mudah bagi Ronaldo menjebol gawang Ceko. Bek Ceko Tomas Holes termotivasi untuk menghentikan peraih lima kali pemain terbaik dunia itu. Siapa pun (pemain) akan selalu bermimpi untuk bisa menutup pergerakan pemain sehebat dia (Ronaldo), tegas Holes di laman resmi UEFA.(ren/c9/dns/jpg/rum/dek)


Perkiraan Pemain:

Portugal (4-3-3):
22-Diogo Costa (g); 20-Cancelo, 3-Pepe, 4-Ruben, 19-Nuno Mendes; 8-B. Fernandes, 6-Palhinha, 23-Vitinha; 10-Bernardo, 7-Ronaldo (c), 17-Leao
Pelatih: Roberto Martinez

Republik Ceko (3-5-2):
1-Stanek (g); 3-Holes, 4-Hranac, 18-Krejci; 5-Coufal, 22-Soucek (c), 14-Provod, 7-Barak, 15-Jurasek; 11-Kuchta, 10-Schick
Pelatih: Ivan Hasek

Siaran Langsung: RCTI/Euro 1/Euro 3/Sportstars 3/Sportstars 4 pukul 02.00 WIB
Stadion: Leipzig Stadium, Leipzig
Wasit: Marco Guida (Italia)

Asian Handicap 0:1

Handicap si Top Scorer Bersama

CRISTIANO Ronaldo sudah pernah merasakan sulitnya top scorer bersama di Euro untuk mengulang capaian dalam Euro berikutnya. Tahun ini Ronaldo menghadapinya lagi.(ren/c19/dns/jpg/rum)

EURO 1992
Top scorer: 3 gol
Henrik Larsen (Denmark)
Karl-Heinz Riedle (Jerman)
Dennis Bergkamp (Belanda)
Tomas Brolin (Swedia)

EURO 1996
Henrik Larsen: 0 gol
Denis Bergkamp: 0 gol
Karl-Heinz Riedle pensiun dari timnas pada 1994
Thomas Brolin tidak main karena Swedia gagal lolos
Top scorer: Alan Shearer (Inggris/5 gol)

EURO 2000
Top scorer: 5 gol
Patrick Kluivert (Belanda)
Savo Milosevic (Serbia)

EURO 2004
Patrick Kluivert: 0 gol
Savo Milosevic tidak main karena Serbia gagal lolos
Top scorer: Milan Baros (Ceko/5 gol)

EURO 2012
Top scorer: 3 gol
Mario Mandzukic (Kroasia)
Mario Gomez (Jerman)
Mario Balotelli (Italia)
Cristiano Ronaldo (Portugal)
Alan Dzagoev (Rusia)
Fernando Torres (Spanyol)

EURO 2016
Mario Mandzukic: 0 gol
Mario Gomez: 2 gol
Cristiano Ronaldo: 3 gol
Mario Balotelli tidak masuk skuad Italia
Alan Dzagoev mundur dari skuad Rusia karena cedera
Fernando Torres pensiun dari timnas pada 2014
Top scorer: Antoine Griezmann (Prancis/6 gol)

EURO 2020
Top scorer: 5 gol
Cristiano Ronaldo (Portugal)
Patrik Schick (Republik Ceko)

EURO 2024
Cristiano Ronaldo masuk skuad Portugal
Patrik Schick masuk skuad Republik Ceko
Top scorer: ?

  • Bagikan