Pastikan WBP Bebas Narkotika

  • Bagikan
IST TES URINE. Para WBP sementara mengikuti tes urine di Lapas Kelas IIA Kupang, Sabtu (6/7)

KUPANG.TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Guna memastikan para warga binaan Pemasyarakatan (WBP) tidak menggunakan narkotika, maka Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang menggelar tes urine, Sabtu (6/7). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Lapas Kupang.

Dengan melibatkan Klinik Pratama Cendana Lapas Kelas IIA Kupang, kegiatan ini terlaksana dengan baik. Pemeriksaan urine dilakukan oleh dokter dan tim medis Lapas Kelas IIA Kupang.

"Tes urin ini bertujuan untuk mendeteksi sejak dini terkait penyalahgunaan narkoba di dalam lingkungan Lapas dan memastikan bahwa WBP menjalani masa pidana mereka dengan baik tanpa pengaruh zat-zat terlarang," kata Kepala Subseksi Pelaporan dan Tata Tertib (Kasubsi Pel.Tatib) Lapas Kupang, Yonathan Laifoi.

Tes urine ini juga, kata Yonathan, merupakan langkah proaktif yang rutin dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Kupang.

"Kami ingin memastikan bahwa di lingkungan Lapas tetap aman dan bebas dari narkoba," tegasnya.

Menurutnya, tes urine ini sangat penting dilakukan untuk mendeteksi dini, apakah ada penyalahgunaan narkoba di kalangan WBP.

Sementara dr. Fika Silvia yang memimpin para tim medis dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa tes urine itu menunjukkan hasil yang memuaskan.

"Dari sejumlah WBP yang menjalani tes urine, semua menunjukkan hasil negatif," tandasnya.

Menurut dr. Fika, tes urine ini sebagai upaya mencegah penyalahgunaan narkoba di dalam lingkungan Lapas.

"Upaya pencegahan ini sudah berjalan dengan baik," ungkapnya.

Kegiatan tes urine ini diharapkan dapat terus berlanjut secara rutin dan menjadi bagian dari komitmen Lapas Kelas IIA Kupang untuk menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan bebas dari narkoba. (r1/gat/dek)

  • Bagikan