Awan Cumulonimbus Sebabkan Hujan Es di TTS

  • Bagikan
Sti Nenot'ek

KUPANG, KUPANGTIMEX.FAJAR.CO.ID-Fenomena alam berupa hujan es terjadi dan menghebohkan sejumlah warga pengguna jalan di Temef, Desa Oenino, Kecamatan Oenino, Kabupaten TTS, Rabu (25/9). Fenomena alam itu pun diabadikan menggunakan karema handphone dam dibagikan di media sosial (TikTok).

"Kami memamg mendapatkan informasi dari masyarakat terkait hujan es di TTS," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Sti Nenot'ek, Kamis (26/9).

Dijelaskan, Sti Nenot'ek bahwa umumnya, hujan es (Hail) disebabkan oleh awan Cumulonimbus yang besar dengan angin Updraft atau arus udara naik dalam skala kecil yang biasanya terjadi di dalam awan yang kuat di dalamnya.

"Jadi, uap air di dalam awan menjadi sangat dingin dikarenakan terdorong naik oleh Updraft melewati ketinggian tertentu (freezing level) hingga membeku menjadi partikel es," ungkapnya.

Umumnya, kata dia, es tersebut ketika jatuh melewati freezing level akan mencair.
Kendati demikian, karena Updraft yang kuat sehingga es yang terbentuk berukuran besar menyebabkan es yang jatuh di bawah freezing level hingga jatuh ke permukaan tanah tidak dapat mencair dengan seutuhnya. (r1/gat/dek)

  • Bagikan