Bangun Semangat Gotong Royong, Warga Dusun V Desa Baumata Barat Swadaya Perbaiki Jalan

  • Bagikan
GOTONG ROYONG. Warga Dusun V, Desa Baumata Barat, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang bergotong-royong memperbaiki jalan lingkungan secara swadaya, Minggu (15/5). (FOTO: MARTHEN BANA/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Lebih kurang seratusan warga Dusun V, Desa Baumata Barat, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, tepatnya di kompleks perumahan Baumata Indah Permai, bergotong-royong memperbaiki jalan lingkungan yang rusak secara swadaya.

Kegiatan kerja bakti yang berlangsung pada Minggu (15/5) siang itu dipimpin langsung Kepala Dusun V, Jessica Banunaek. Menariknya, kegiatan ini juga terlibat langsung Kepala Desa Baumata Barat, Abraham Nada Kihe, Ketua Majelis Jemaat GMIT Bukit Kasih Baumata Barat, Pdt. Fajar Agung Lisnahan, dan anggota DPRD Kabupaten Kupang, David Daud.

Jessica Banunaek kepada TIMEX di sela-sela kegiatan tersebut menjelaskan, kerja bakti ini dilakukan setelah melalui rapat masyawarah dusun yang dilakukan beberapa hari sebelum. Dalam rapat itu disepakati untuk memperbaiki kerusakan beberapa titik jalan lingkungan yang kondisinya memprihatinkan, terutama jalan poros penghubung utama antarblok dalam perumahan itu dan aksek menuju fasilitas publik, yakni Gereja Bukit Kasih Baumata Barat.

Menurut Jessica, kegiatan ini dilakukan secara swadaya, dimana warga Dusun V melakukan urunan biaya untuk mengadakan material guna mendukung pekerjaan itu. "Ada jug warga yang menyumbang material. Ini wujud kebersamaan kita di Dusun V. Kita berusaha bangun semangat gotong royong, juga untuk saling mengenal diantara sesama warga kompleks," tutur Jessica.

"Dalam kebersamaan ini, yang bapak-bapak kerja perbaiki jalan, kami yang mama-mama atau ibu-ibu menyiapkan konsumsi. Budaya gotong royong ini kita bangun agar hubungan kebersamaan dan kekerabatan antar sesama warga tetap terpelihara," tambah Jessica.

Sementara itu, Kepala Desa Baumata Barat, Abraham Nadakihe mengatakan, dalam musyawarah pembangunan desa (Musrenbangdes), salah satu usulan warga adalah perbaikan jalan lingkungan. Salah satunya di kompleks perumahan Baumata Barat ini. "Kita bersyukur karena melalui perjuangaan Bapak Dewan kita (David Daud, Red), tahun ini kita dapat program perbaikan jalan di wilayah ini," ungkap Abraham.

Penyampaian Kades Baumata Barat ini juga dibenarkan anggota DPRD Kabupaten Kupang, David Daud. Kepada TIMEX di lokasi kerja bakti, David mengaku bahwa pihaknya telah memperjuangkan perbaikan jalan di wilayah Desa Baumata Barat, khususnya di lingkungan kompleks perumahan Baumata Indah Permai ini.

"Tahun ini kita dapat anggaran untuk pembuatan jalan, anggarannya sudah ada, sudah survei juga, terutama jalan yang kondisinya parah. Saat ini dalam proses pelelangan, mudah-mudahan bisa secepatnya dikerjakan," kata politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini. (aln)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan