75 Ribu Penumpang Diprediksi Akan Lalui Bandara El Tari Kupang

  • Bagikan
POSE BERSAMA: GM Bandara El Tari Kupang, I Nyoman Noer Rohim, bersama para unsur pose bersama usai membuka Posko Terpadu Angkutan Udara jelang Hari Raya Idul Fitri 2023/1444H, Jumat (14/4).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Diprediksi sebanyak 75.164 penumpang diperkirakan akan melalui Bandara Internasional El Tari Kupang selama periode mudik pada hari raya Idul Fitri Tahun 2023.

General Manager (GM) Bandara El Tari Kupang, I Nyoman Noer Rohim, usai membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Hari Raya Idul Fitri 2023/1444H, mengatakan diprediksi 75.164 Penumpang dengan 923 pergerakan pesawat.

Menurut Nyoman pergerakan arus mudik yang terpantau di bandara ini telah tampak sejak 10 April 2023 lalu dan mencapai 4 ribu lebih penumpang di 12 April lalu.

Pergerakan terbanyak melalui Bandara El Tari Kupang adalah penumpang yang berangkat atau keluar Kota Kupang. Sementara jumlah penumpang yang datang masih belum meningkat signifikan.

"Untuk berangkat saja sekitar 2 ribu orang lebih diperkirakan pada hari ini tapi yang datang ke sini yang masih belum terlihat, masih sepi," kata Nyoman, saat diwawancarai di Bandara El Tari Kupang, Jumat (14/4).

Menurutnya, ada trend kenaikan yaitu 5 sampai 6 persen untuk pergerakan harian penumpang. Namun demikian jumlahnya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama.

Sementara diketahui belum ada penambahan armada penerbangan, kata Nyoman, dan dari pihak maskapai akan tetap menggunakan penerbangan reguler yang ada.

Nyoman mengatakan periode puncak mudik lebaran sendiri diperkirakan mulai tanggal 19 April 2023 ini dan puncak arus baliknya pada 1 Mei 2023.

Tidak hanya lalu lintas penumpang dan pesawat, lalu lintas kargo pun diperkirakan akan mencapai 584.685 kilogram melalui Bandara El Tari Kupang saat masa mudik Idul Fitri tahun ini.

Pada Bandara Internasional El Tari Kupang sendiri telah dibuka Posko Terpadu Angkutan Udara Hari Raya Idul Fitri 2023/1444H mulai 14 April hingga 2 Mei 2023.

Posko yang dibuka antara lain posko data terpadu sebagai pelaporan data langsung ke Kementerian Perhubungan, posko keamanan terpadu, serta posko kesehatan.

Posko ini terdiri dari berbagai unsur antara lain TNI AU, TNI AL, TNI AD, KKP, Basarnas, CIQ, BMKG, Airnav, Airlines dan Groundhandling.

Untuk kesiapan fasilitas pun telah dilakukan pemeriksaan fasilitas dari otoritas bandara baik fasilitas terminal, fasilitas sisi udara dan fasilitas peralatan keamanan penerbangan. (r2)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan