lbu-ibu di Bakunase II Dilatih Cara Mengolah Tahu jadi Makanan Sehat dan Higenis

  • Bagikan
PELATIHAN. Tampak ibu-ibu di Kelurahan Bakunase II, Kecamatan Kota Raja tengah mengikut pelatihan pengolahan Tahu di Kantor Lurah Bakunase II, Jumat (26/5). (FOTO: RESTI SELLY/TIMEX).

Pengabdian Masyarakat Dosen FKKH Undana

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dosen Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH), Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, dr. Herman Wungouw, Sp.Rad kembali melakukan pengabdian masyarakat di Kelurahan Bakunase II, Kecamatan Kota Raja.

Pengabdian kali ini menyasar ibu-ibu, dengan melibatkan pengelola UMKM di kelurahan tersebut, Jumat (26/5).

Ibu-ibu dilatih cara yang benar dalam mengolah Tahu agar lebih sehat dan tepat dikomunikasi keluarga. Selain itu, bermanfaat bagi UMKM dalam mengembangkan usaha kuliner berbahan dasar tahu.

dr. Herman Wungouw mengatakan, sebagai dosen yang melaksanakan pengabdian, diberikan beberapa pilihan untuk melakukan pengabdian masyarakat dan ia memilih bidang kuliner agar ada bentuk pengabdian yang berbeda kepada masyarakat.

"Biar beda saja, tidak harus linear dengan latar belakang kita, yang penting positif dan bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan, tahu menjadi salah satu pangan yang sering dikonsumsi dan mudah didapatkan oleh masyarakat, khususnya di Kota Kupang.

Untuk itu, dirinya berniat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat cara mengolah tahu yang benar agar sehat dan tepat disantap oleh keluarga.

"Karena itu saya libatkan UMKM yang bergerak dibidang kuliner. Kita datangkan langsung agar bisa beri pemahaman ke masyarakat, terutama ibu-ibu di kelurahan ini agar punya variasi dalam mengolah tahu," ucapnya.

Wiwin Kurniawan, salah satu pemilik UMKM yang bergerak dibidang kuliner dihadiri sebagai pemateri.

Dalam materinya, ia menyampaikan, kebanyakan rumah tangga mengolah tahu dengan digoreng. Padahal, tahu bisa diolah dengan berbagai kreasi.

Selain menyampaikan materi, terpantau juga dilaksanakan demo memasak tahu yang langsung dipraktekan oleh peserta yang hadir.

Lurah Bakunase II, Dessyana Talluta mengatakan, masyarakat khususnya ibu rumah tangga perlu mendapatkan edukasi lebih untuk pengolahan makanan yang bergizi, namun murah untuk dijangkau bahan-bahannya.

"Terima kasih kepada Undana yang sudah melaksanakan pengabdian untuk mencontohkan pembuatan kuliner dari tahu," ucap Dessyana.

Dirinya berharap, kedepan ada lagi pengabdian masyarakat di kelurahannya, entah dengan fokus yang sama maupun berbeda. Selama untuk kebaikan masyarakatnya, Dessyana akan selalu menerima dan mendukung hal tersebut. (cr1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan