Optimis Angka Stunting di Puskesmas Bakunase Turun

  • Bagikan
Optimis Angka Stunting di Puskesmas Bakunase Turun
PUSKESMAS BAKUNASE FOR TIMEX TIMBANG BAYI. Puskesmas Bakunase melakukan operasi timbang Agustus 2023.

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Puskesmas Bakunase mulai melakukan operasi bulan timbang Agustus. Sasaran operasi timbang di wilayah pelayanan Puskesmas Bakunase sebanyak 2.518 anak.

Kepala Puskesmas Bakunase, dr Sartje Nubatonis menjelaskan, operasi timbang Agustus sudah dimulai di posyandu sesuai dengan jadwal masing-masing.

Menurutnya, operasi timbang kali ini dipastikan dapat menemukan semua sasaran timbang, di posyandu, sekolah dan langsung ke rumah-rumah.

"Kami juga meminta kepada para orang tua agar berperan aktif untuk membawa anak-anak untuk ditimbang, di posyandu juga bisa, di puskesmas juga bisa kalau memang tidak sempat mengikuti di posyandu," katanya saat diwawancarai, Senin (7/8).

Menurut dr Sartje, kegiatan bulan timbang juga bisa sukses karena peran aktif dari Camat Kota Raja, dan semua jajaran kelurahan dan semua kader posyandu. "Karena peran serta kecamatan dan kelurahan juga sangat penting untuk menggerakkan masyarakat datang ke posyandu," kata dia.

Sartje optimistis angka stunting di wilayah pelayanan puskesmas Bakunase akan turun di bulan timbang Agustus ini. "Apa lagi dengan berbagai upaya yang sudah dilakukan dinas dan puskesmas dengan pemberian makanan tambahan dan pendampingan," jelasnya.

Sementara itu, Camat Kota Raja, Yanto Dheger Jalil, mengatakan, berbagai upaya dilakukan oleh kecamatan dan kelurahan untuk semua sasaran bisa berpartisipasi dalam bulan timbang ini.

"Kita bersama-sama dengan Posyandu dan kader pendamping keluarga, agar bisa memastikan bahwa semua anak ikut dalam operasi timbang Bulan Agustus ini," katanya, Selasa (8/8).

Yanto mengaku optimis dengan berbagai upaya yang telah dilakukan maka angka stunting di kecamatan Kota Raja bisa berkurang. "Karena kita tidak bisa kerja sendiri, paling utama adalah peran orang tua memastikan anak-anak mendapatkan asupan gizi yang seimbang, jadi kita yakin bisa turunkan angka stunting jika semua pihak berperan aktif," tambahnya.

Yanto menambahkan, bagi-bagi balita yang tidak mengikuti bulan timbang di Posyandu maupun Puskesmas, maka akan didatangi dari rumah ke rumah.  "Kami pasti akan turun ke rumah-rumah juga, agar bisa mencakup semua sasaran," tandasnya. (r2)

Editor: Intho herison Tihu

  • Bagikan