PNK Kembangkan Usaha Masyarakat Pesisir, Lewat PkM

  • Bagikan
GUNTING PITA. Tampak Wakil Direktur 1 PNK Melchior Bria (kanan) bersama Ketua Jurusan Administrasi Bisnis, Janri D. Manafe, sementara menggunting pita pada lokasi tempat usaha yang merupakan bantuan dari Tim Pengabdian Jurusan Administrasi Bisnis, di Pantai Lasiana, Sabtu (7/10). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Guna meningkatkan usaha masyarakat di RT 16 Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Dosen Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Kupang (PNK) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Sabtu (7/10).

Masyarakat diberikan pemahaman tentang peningkatan manajemen usaha mikro dengan pelatihan peningkatan kompetensi wirausaha, pengemasan produk, pengelolaan keuangan dan digital marketing.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Direktur 1 PNK, Melchior Bria,ST.,MT., Ketua Jurusan Administrasi Bisnis,  Janri D. Manafe, S.Sos., MM. Selain itu, Ketua Tim Pengabdian yakni Ronald E. Ronoat, S. Ab., MM., Yessi Benu, S.Sos.,M.Si.,  Septia Dioh, SPd., MSM., dan Darwin Yopie Kefi, S.Sos. MM.

Wakil Direktur 1 PNK, Melchior Bria, menyampaikan terima kasih kepada Ketua RT 16 dan masyarakat yang sudah berkenan menerima Politeknik Negeri Kupang untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara Ketua Jurusan Administrasi Bisnis, Janri D. Manafe, mengatakan bahwa pengabdian kepada masyarakat ini dengan turun langsung melihat situasi yang ada di tengah masyarakat. "Kami datang dengan kompetensi ilmu yang dimiliki oleh dosen yaitu bidang keuangan, pemasaran, dan SDM," ujarnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk membantu masyarakat. Selain pemberian materi juga diberikan bantuan usaha. "Semoga bisa bermanfaat bagia masyarakat," harapnya.

Yessi Benu, salah satu Ketua Tim pengabdian kepada masyarakat menjelaskan bahwa ini bentuk pengabdian kepada masyarakat merupakan program rutin kampus sebagai lembaga pendidikan.

Bentuk pengabdian sesuai dengan kompetensi ilmu yakni Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik  Negeri Kupang, maka ada unsur entrepreneurship dalam hal ini kewirausahaan guna menyentuh masyarakat.

Masyarakat merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) diberikan pelatihan pengembangan kapasitas, peningkatan skill dan lainnya. Selain teori, juga diberikan bantuan usaha berupa satu unit tempat usaha dilengkapi dengan semua item yang mendukung penjualan.

"Tujuan utama adalah menggali potensi ekonomi masyarakat pesisir, khususnya di RT 16 Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang," jelas Yessi.

Lokasi yang dipilih untuk pengabdian masyarakat ini memiliki potensi wisata. Menurut Yessi,  ini spot baru, tepatnya berada di samping tempat wisata Pantai Lasiana yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi NTT.

"Karena belum ada sentuhan dan pemahaman tentang kewirausahaan sehingga kami pilih untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat," ungkapnya.

Masyarakat diberikan pemahaman tentang kewirausahaan dan digital marketing. Menurutnya, digital marketing dalam dunia usaha sangat penting untuk dikembangkan dan dipromosikan melalui digital selain itu diberikan  peningkatan kapasitas lainnya yang memberikan dampak positif kepada masyarakat sebagai pelaku UKM.

Bantuan yang diberikan berupa satu unit kontainer usaha yang bisa dimanfaatkan oleh satu kelompok usaha. Selain itu diberikan bantuan alat-alat yang mendukung jalannya usaha tersebut.

"Yang ingin dicapai dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah usaha masyarakat yang sudah ada ini dapat berkelanjutan dan lebih mengembangkan produk yang dihasilkan oleh masyarakat sebagai pelaku UKM," kata Yesi.

Sementara Ronald E. Ronoat, dosen Jurusan Administrasi Bisnis, yang juga Ketua tim pengabdian kepada masyarakat   menjelaskan bahwa  dalam pengabdian kepada masyarakat ini juga diberikan pemahaman tentang harga pokok produksi (HPP) guna menentukan harga jual suatu produk.

"Kami membantu masyarakat untuk berdayakan spot wisata di Pantai Lasiana," sebutnya.

Harapannya, pengabdian kepada masyarakat ini bisa menjalankan usaha secara kontinu atau berkelanjutan.

Ketua RT 16/RW 04, Kelurahan Lasiana, Yefta Benyamin menyampaikan terima kasih kepada Politeknik Negeri Kupang atas kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan bantuan untuk pelaku usaha.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami karena ini baru pernah terjadi," ujarnya.

Masyarakat yang menjalankan usaha ini terdiri dari pembuatan keripik, gula lempeng, dan gula semut.

"Kami harapkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari Politeknik Negeri Kupang tidak hanya sampai tahun ini saja tapi tahun-tahun berikutnya bisa dilaksanakan," sebutnya.

Yani Darma, salah satu warga RT 16 Kelurahan Lasiana yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat dari PNK, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Harapannya, kegiatan pengabdian seperti ini terus dilakukan di tahun mendatang. (r1)

Editor: Intho Herison Tihu 

  • Bagikan