10 Bulan, Transaksi Be Ju Bisa Mencapai Rp 24,3 M

  • Bagikan
Romi Radjalangu

RUTENG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Pertumbuhan layanan keuangan melalui agen dan merchant Bank NTT Cabang Ruteng terus meningkat. Selama 10 bulan, terhitung Januari hingga Oktober 2023, khusus layanan agen Be Ju Bisa, total transaksi mencapai Rp 24 miliar lebih.

"Total agen Be Ju Bisa Bank NTT di Kabupaten Manggarai sebanyak 68 agen, tersebar di 10 wilayah kecamatan. Sehingga nominal transaksi keuangan dari Januari hingga Oktober 2023 mencapai Rp 24.381.332.768," ujar Kepala Bank NTT Cabang Ruteng, Romi Radjalangu kepada Timor Express, Minggu (19/11).

Romi menjelaskan, untuk agen Be Ju Bisa terbanyak ada di Kecamatan Langke Rembong, yakni sebanyak 22 agen. Sementara di Reok 10 agen, Reok Barat tiga agen, Ruteng rujuh agen, Lelak dua agen, Satar Mese tujug agen, Satar Mese Barat sembilan agen, Satar Mese Utara satu agen, Cibal lima agen dan Kecamatan Cibal Barat dua agen.

Ke depan, jelas Romi, targetnya untuk Kecamatan Wae Ri'i, Rahong dan Rahong Utara. Terkait agen Dia Bisa, total untuk Kabupaten Manggarai sebanyak 1.068 agen dengan nominal transaksi mencapai Rp 11.999.134.895. Sementara merchant QRIS, jumlahnya 1.090 merchant dengan nominal transaksi mencapai Rp 1.968.518.405.

"Terkait agen Be Ju Bisa Laku Pandai ini dapat mewujudkan keuangan inklusif di Kabupaten Manggarai. Di mana para agen bekerja sama dengan Bank NTT dalam menyediakan layanan keuangan. Presentasi inklusifitas keuangan meningkat, maka pertumbuhan ekonomi di Manggarai juga akan meningkat," bilang Romi.

Dia mengatakan, saat ini agen Be Ju Bisa dapat melayani untuk pembukaan tabungan dan inisiasi layanan kredit mikro. Agen Bank NTT ini mempermudah masyarakat dalam menikmati setiap layanan yang ada di Bank NTT. Sehingga untuk menjadi agen, sangat terbuka luas bagi semua orang ataupun atau siapa saja bisa menjadi agen.

"Ataupun yang memiliki usaha seperti kios, minimarket dan lainnya. Kehadiran Agen Be Ju Bisa dimanapun itu mewakili kehadiran Bank NTT untuk melayani nasabah. Disini juga bisa memberikan layanan pembelian pulsa, token listrik, membayar pajak kendaraan, tarik tunai, hingga transfer," katanya.

Romi menambahkan, ibaratnya Agen Be Ju Bisa itu kantor mininya Bank NTT yang hadir untuk mendekatkan pelayanan kepada nasabah tanpa harus datang ke kantor Bank NTT. Be Ju Bisa sebuah karya inovasi yang dihadirkan oleh Bank NTT sebagai sebuah implementasi terhadap program dari otoritas jasa keuangan, yakni Laku Pandai. (kr1/ays)

  • Bagikan