Anggota Polairud Dapat Motivasi Tentang Komunikasi

  • Bagikan
INTHO HERISON TIHU/TIMEX MOTIVASI. Motivator, Aqua Dwipayana memberikan motivasi kepada ratusan personel dan pengurus serta anggota Bhayangkari Polairud Polda NTT di Ruang Rapat Utama Mapolda NTT, Selasa (6/2).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Ratusan orang personel Polairud Polda NTT mendapat kiriman motivator, Aqua Dwipayana dari Kakorpolairud Baharkam Polri. Kehadiran sosok motivator ini untuk memberi motivasi tentang peningkatan komunikasi.

Sebab, komunikasi dianggap penting dan harus dikuasai oleh seluruh personel agar dapat menyampaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas Polisi secara baik kepada masyarakat. Selain itu, para personel yang dipimpin langsung Direktur Polairud Polda NTT ini juga dimotivasi untuk lebih ikhlas menjalani tugas pelayanan bagi masyarakat.

Dirpolairud Polda NTT, Kombes Pol. Irwan Deffi Nasution mengaku, kegiatan tersebut merupakan program dari Kakorpolairud yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan motivasi kepada para personel untuk menjalankan tugasnya secara baik.

“Kami sangat mendukung dan respek dengan program ini sehingga pelaksanaannya kami melibatkan seluruh anggota dan pengurus Bhayangkari dengan jumlah kurang lebih 125 orang peserta,” katanya di Mapolda NTT, Selasa (6/2).

Era digitalisasi dan meningkatnya teknologi dan komunikasi melalui berbagai platform media, katanya, maka materi ini diharapkan dapat menambah wawasan para personel Polairud dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas di wilayah perairan dengan baik.

“Kita sedang menyambut pesta demokrasi serentak sehingga perlu memberikan pembelajaran kepada anggota agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Apabila situasi keos maka mereka bisa membangun komunikasi yang baik dan dapat diterima masyarakat,” terangnya.

Disebutkan, tantangan ke depan juga sangat tinggi terutama menghadapi situasi bencana alam. Sehingga, dengan adanya pemaparan materi ini maka para personel bisa menyampaikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan penanganan bencana.

“Kita tidak dibekali tentang trauma healing. Contoh saat ini bencana alam erupsi gunung Lewotobi di Flores Timur. Anggota kita bisa memberikan pemahaman, edukasi dan lain-lainnya.

Motivator Aqua Dwipayana usai memotivasi para personel Polairud Polda NTT menjelaskan bahwa kehadirannya di NTT guna memberikan motivasi kepada seluruh personel Polairud di 38 Polda dan salah satunya di Polda NTT.

“Saya berterima kasih kepada Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen Pol. M. Yassin Kosasih dan Dirpolairud Polda NTT, Kombes Pol. Irwan Deffi Nasution karena sudah menugaskan saya guna memberikan motivasi kepada semua jajaran Polairud,” ucapnya.

Dikatakan, Polda NTT merupakan Polda ke delapan yang dikunjunginya. Dan, dirinya sangat terkesan karena pelaksanaan kegiatan sangat meriah, dihadiri seluruh anggota dan juga jajaran pengurus Bhayangkari.

“Pertama kali ibu-ibu Bhayangkari dilibatkan dan sangat semangat serta antusias. Ini bentuk cerminan dari kepemimpinan Dirpolairud,” tuturnya.

Dikatakan, komunikasi merupakan senjata utama Polri sehingga siapa pun yang masuk ke Polairud harus menguasai komunikasi.

“Saya selalu katakan, kita harus selalu komunikasi dengan hati dan hati-hati dan jangan pernah berhenti belajar,” sebutnya.

“Tadi juga saya bukan saja memberikan materi motivasi tapi saya juga belajar. Saya belajar bagaimana pengalaman dari para anggota yang bertanya,” tambahnya.

Aqua menyebut bahwa motivasi itu sangat penting. Ia mengaku tugas anggota Polairud itu sangat mulia.

“Teman-teman ini beserta keluarganya adalah ahli surga dengan catatan bisa ikhlas menjalani semua tugas yang diemban secara baik,” katanya.

Terhadap tugas berat para peraonel Polairud dalam menjaga dan melindungi laut NTT yang sangat luas dari tindak pidana di laut, Aqua menyebut tugas tersebut akan ringan dan enteng jika semua tugas tersebut dilakukan secara ikhlas dan serah semua tugas tersebut kepada Tuhan.

“Kerjasama tim hebat adalah kunci untuk mencapai hasil luar biasa. Ketika individu-individu yang berbakat dan berkomitmen bekerja bersama, mereka dapat mengatasi hambatan, menginspirasi satu sama lain, dan mencapai prestasi yang tidak mungkin dicapai secara individu,” pesannya. (cr6/gat)

  • Bagikan