Jaga Ketertiban Selama Rapat Pleno

  • Bagikan
EFRENDI NABEN/TIMEX PLENO. Suasana pleno perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan Kelapa Lima yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Selasa (20/2).

Pleno Terbuka Perhitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan Kelapa Lima

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Pleno terbuka perhitungan suara tingkat Kecamatan Kelapa Lima berlangsung penuh antusias di Kantor Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Selasa (20/2). Agenda rekapitulasi perhitungan suara pada hari pertama fokus untuk Kelurahan Oesapa Barat dan Lasiana. Meski berjalan lancar, namun hingga pukul 16.30 Wita, terpantau dari 20-an TPS yang ada, hanya 3 TPS yang berhasil diselesaikan. Sedangkan jadwal pleno akan berakhir pukul 21.00 Wita.

Kendala yang muncul ketika perhitungan suara kemarin sempat dihentikan akibat berita acara dari TPS 03 Oesapa Barat tidak tertera dengan jelas. Sehingga, perhitungan suara sempat ditunda beberapa waktu dan menimbulkan perdebatan antar para saksi partai yang mana sebagian ingin melanjutkan proses perhitungan suara, sembari menunggu PPK Kecamatan Kelapa Lima menyelesaikan masalah tersebut dan sebagiannya ingin menunggu.

Dalam sambutannya, Camat Kelapa Lima, Wayan Astawa menyampaikan harapannya agar proses rekapitulasi tersebut dapat berjalan lancar dan aman. Wayan Astawa menekankan pentingnya kerja sama dari semua pihak yang terlibat untuk menyelesaikan perhitungan suara dengan cepat dan akurat demi integritas dan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

"Harapan kami agar pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Kecamatan Kelapa Lima hari ini (kemarin, Red) sesuai dengan ketentuannya serta berjalan aman dan lancar," ujarnya

Wayan Astawa menegaskan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama proses rekapitulasi. Dalam situasi yang memerlukan ketenangan dan kefokusan, kehadiran pihak keamanan menjadi krusial untuk memastikan bahwa semua tahapan Pemilu berjalan sesuai aturan dan aman dari gangguan.

"Saya minta agar kita semua menjaga ketertiban dan keamanan rapat pleno ini karena ada aturan yang berlaku oleh karena itu kita harus taat," tambahnya

PPK Kelapa Lima bersama KPPS sekecamatan Kelapa Lima, berkomitmen untuk mengatasi kendala-kendala teknis dan administratif yang muncul selama proses rekapitulasi. Transparansi dan akuntabilitas menjadi fokus utama guna memastikan hasil perhitungan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Panwascam Kelapa Lima juga turut ambil bagian dalam memastikan integritas pemilu. Dengan memantau setiap tahapan secara cermat, mereka berperan aktif dalam menjaga proses rekapitulasi agar tidak terjadi ketidaksesuaian data dan berbagai potensi pelanggaran.

Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan Kelapa Lima dimulai dengan pembacaan tata tertib pelaksanaan rekapitulasi oleh anggota PPK Kecamatan Kelapa Lima.

Selanjutnya, dilakukan rekapitulasi suara per kelurahan dengan pencocokan antara C hasil dan aplikasi Sirekap disaksikan Bawaslu, Panwascam, PKD dan juga para saksi Paslon dan saksi partai.

Proses rekapitulasi masih berlangsung dan diharapkan semua kendala dapat segera diselesaikan. Pihak terkait berharap agar pleno pemilu tingkat kecamatan Kelapa Lima dapat menjadi contoh bagi kecamatan lainnya dalam menjalankan proses demokrasi secara transparan, aman, dan efisien. (cr3/gat)

  • Bagikan