Tertantang buat Taklukkan Weng Hong Yang

  • Bagikan
Anthony Sinisuka Ginting

JAKARTA, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Anthony Sinisuka Ginting memiliki misi untuk menaikkan peringkat Race to Paris 2024. Saat ini pebulu tangkis tunggal putra itu menduduki peringkat keenam dengan 75.001 poin.
Pemain kelahiran Cimahi tersebut menuturkan, dirinya harus memaksimalkan dua turnamen yang diikuti di Eropa. Turnamen terdekat adalah French Open yang berlangsung pekan ini. Lalu, All England pada pekan depan.

”Saya mau fokusnya tetap buat qualified dulu. Tapi bukan cuma qualified, saya mau mikirin ranking juga,” ucapnya.

Karena itu, French Open yang memiliki level super 750 dan All England super 1000 penting buat dimenangi untuk mengatrol posisi.

”Dari mana itu (poin) bisa dapat ya. Pasti dari setiap hasil yang bisa saya dapat dari setiap pertandingan yang saya ikuti,” tuturnya.

Namun, di French Open ini, Ginting sudah harus melalui jalur terjal. Yakni, tantangan merobohkan tembok Tiongkok bernama Weng Hong Yang di babak 32 besar. Secara nama besar, Weng tidaklah begitu menakutkan.

Namun, secara rekor, Weng masih sempurna dengan kemenangan 4-0 atas Ginting. Terakhir keduanya berhadapan di Kumamoto Masters 2023. Kala itu Ginting takluk rubber game di babak 16 besar dengan skor 21-16, 18-21, 21-17.

Namun, Ginting siap untuk melakoni laga melawan Weng. Sebab, persiapan yang dimilikinya sudah sangat banyak lantaran tidak mengikuti event-event lain setelah Indonesia Masters.

”Jadi ya, fokusnya bagaimana saya bisa mempersiapkan dengan baik dan bisa memberikan performa dengan baik juga di setiap turnamen,” kata peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 tersebut.

Selain itu, Ginting menilai hasil di French Open dan All England menjadi tolok ukur menuju Olimpiade. Sebab, di dua event itu, pemain yang tampil berada di top dunia.

”Jadi, bisa kami lihat sampai nanti ke Olimpiade Paris di Juli dan akhir Agustus,” tuturnya.

Pada 2024 ini, prestasi Ginting terbilang cukup menanjak. Mulai terhenti di babak 16 besar Malaysia Open (9–14 Januari), mencapai perempat final India Open (16–21 Januari), hingga semifinal di Indonesia Masters.

Tunggal putra lainnya, Jonatan Christie, bakal menantang andalan Taiwan Wang Tzu Wei. Sementara itu, Chico Aura Dwi Wardoyo menghadapi unggulan keenam asal Jepang Kodai Naraoka. (raf/c19/bas/jpg/rum)

  • Bagikan