Meriahkan Harmunas dengan Aneka Lomba, PAPPRI NTT Berbagi Kasih Hingga Tanam Pohon

  • Bagikan
FENTI ANIN/TIMEX PENGURUS. Jajaran pengurus DPD PAPPRI NTT pose bersama usai kegiatan konferensi pers, Selasa (5/3)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar sejumlah kegiatan. Semua kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional (Harmunas) tahun 2024.

Hari Musik Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Maret ini, akan digelar aneka lomba. Seperti, lomba cipta lagu pop NTT, lomba band dan lomba fashion show.

Sesuai agenda, aneka lomba ini akan digelar di Lippo Plaza Kupang pada Sabtu (9/3). Sebelum itu, PAPPRI NTT juga melakukan kegiatan sosial, dengan berbagi kasih di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Alak, gerakan penghijauan dan gerakan bakti sosial yang digelar, Kamis-Jumat (7-8/3).

Ketua Panitia kegiatan Hari Musik Nasional tahun 2024 tingkat Provinsi NTT, Jackson Obeng mengatakan, perayaan ini merupakan event yang ke dua kalinya, setelah struktur DPD PAPPRI NTT terbentuk, yaitu sejak Oktober 2020, atau hampir empat tahun lebih telah berjalan.

"Perayaan Hari Musik Nasional juga dilakukan pada 2023 lalu dan tahun 2024 ini kembali dilakukan event untuk memperingati Hari Musik Nasional. Event ini akan menjadi program kerja tetap dari PAPPRI NTT dan begitu banyak program lainnya, dari masing-masing biro yang ada yaitu Biro MUA , Biro MC dan Biro lainnya," ungkapnya saat konferensi pers di DPD PAPPRI NTT, Selasa (5/3).

Dia mengatakan, kegiatan Hari Musik Nasional 2024 diberi tajuk "Kucinta Budayaku”, dengan beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pelaksanaan kegiatan gerakan penghijauan berupa penanaman pohon dan bakti sosial gerakan pungut sampah pada sekolah luar biasa (SLB) Negeri Pembina di Penfui pada tanggal 7 Maret nanti.

"Jadi, kegiatan nanti akan dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan kasih ke para pemulung yang tinggal di bantaran sungai di bawah jembatan Oesapa, berupa penyerahan bantuan sembako dan baju layak pakai bagi para pemulung, pada Jumat tanggal 8 Maret," ujarnya.

Jackson melanjutkan, kegiatan sosial dan penghijauan dilakukan dengan harapan agar para seniman dan anggota PAPPRI mampu meningkatkan rasa kepedulian dan mengasah hati dengan berbagi kasih kepada sesama yang kurang beruntung, serta mencintai dan menjaga alam lingkungan sekitar sebagai salah satu sumber inspirasi seniman dalam berkarya seni.

Dia menjabarkan, beberapa kegiatan lomba yang digelar yaitu lomba cipta lagu pop NTT yang telah dilaksanakan pada Rabu, (6/3), di Sekretariat DPD PAPPRI NTT di Tofa.

"Tujuan diadakannya lomba ini adalah kembali membawa karisma lagu pop daerah NTT agar bisa menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri. Bahkan, lagu pop NTT bisa viral sampai di kancah musik nasional ataupun internasional, seperti lagu pop daerah dari Ambon, Papua dan Manado yang gampang kita jumpai di berbagai plat form media sosial," ungkapnya.

Selain itu, para pemenang dalam lomba cipta lagu pop NTT ini, DPD PAPPRI NTT bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT akan mendaftarkan karya tersebut sebagai hak kekayaan intelektual pada Kanwil Kementrian Hukum dan Ham Provinsi NTT agar memperoleh hak royalti bagi pencipta lagu tersebut.

Dia melanjutkan, lomba band dan lomba fashion show serta konser musik Harmunas tahun 2024, bertempat di Lippo Plaza Kupang yang pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional tahun 2024 tepatnya tanggal 9 Maret nanti.

Pada Sabtu (9/3), DPD PAPPRI NTT mengimbau seluruh ruang publik baik itu di kantor, sekolah, mall, toko, cafe, restoran, hotel dan masih banyak ruang publik termasuk seluruh warga Nusa Tenggara Timur dimanapun berada agar mengumandangkan musik/lagu baik lagu nasional maupun lagu daerah mulai jam 06-00-18.00 wita.

Kegiatan konferensi pers di DPD PAPPRI NTT ini juga dihadiri oleh Ketua Umum PAPPRI NTT, Adriana Kalla, Ketua Biro MC, Frans Tiran, Ketua Biro MUA, Dewi Lamablawa dan jajaran lainnya. (thi/gat)

  • Bagikan