Buka Puasa Bersama Eratkan Ukhuwah

  • Bagikan
IMRAN LIARIAN/TIMEX BUKA PUASA BERSAMA. Jemaah sementara buka puasa bersama di Masjid Al Muttaqin, Kota Baru, Kota Kupang, Kamis (14/3)

KUPANG,TIMEX.FAJAR.CO.ID-Pengurus Masjid Al Muttaqin, Kota Baru, Kota Kupang melaksanakan ibadah buka puasa bersama selama bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 M. Takjil untuk buka puasa ini diberikan oleh jemaah Masjid Al Muttaqin.

Imam Masjid Al Muttaqin, Khairul Wanda menjelaskan, selama bulan suci Ramadhan, Masjid Al Muttaqin diadakan selalu menggelar buka puasa bersama.

"Takjil untuk buka puasa bersama ini berasal dari jemaah Masjid Al Muttaqin dan hamba Allah," kata Khairul Wanda.

Dikatakan, kegiatan buka puasa bersama ini tidak hanya diikuti oleh jemaah Masjid Al Muttaqin saja, melainkan ada jemaah dari luar yang berpergian ke luar daerah Kota Kupang itu juga menyempatkan waktu untuk berbuka puasa di masjid tersebut

"Jadi, bukan hanya jemaah Al Muttaqin saja, tapi jemaah dari luar juga ada," ujarnya.

Buka puasa bersama ini, jelasnya, untuk mempererat ukhuwah (persaudaraan) dan tali silaturahmi antarsesama muslim. Masih terkait dengan persaudaraan dan toleransi umat beragama itu dalam mengatur kendaraan selama pelaksanaan ibadah Salat Tarawih dan Witir di Masjid Al Muttaqin, maka Pengurus Masjid Al Muttaqin melibatkan saudara-saudara dari umat beragaa lain juga ikut berpartisipasi.

"Semoga ibadah puasa ini mendapatkan ridho dari Allah SWT," ungkapnya.

Sementara Jo Bungsu, salah satu jemaah Masjid Al Muttaqin yang ditemui saat momen buka puasa bersama kemarin mengaku, menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini sembari memperbaiki lahiriyah dan batiniyah.

"Semoga ibadah puasa ini kita dapat mengubah akhlak dan hubungan toleransi antar sesama dengan baik," ungkapnya.

Kebersamaan yang ada di Masjid Al Muttaqin sangat baik dengan melaksanakan buka puasa bersama. Nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan semakin erat.

Ketua Remaja Masjid (Remas) Al Muttaqin, Ahmad Arsyad Al-banjari juga mengatakan bahwa dalam kegiatan selama bulan suci Ramadhan ini remas membantu mempersiapkan kebutuhan untuk berbuka puasa bersama di masjid. Takjil yang dihidangkan saat buka puasa bersama ini diberikan oleh jemaah Masjid Al Muttaqin.

"Kami sudah bagi jadwal ke jemaah untuk memberikan takjil berbuka puasa," jelasnya.

Dia juga berharap agar momentum bulan suci Ramadhan ini bisa semakin meningkatkan ibadah kepada Allah SWT dan hubungan sesama manusia dalam menjaga kerukunan umat beragama untuk terus bersatu. (r1/gat)

  • Bagikan