Dispar Gelar Koepan Festival 2024

  • Bagikan
Josephina Seran Gheta

Rayakan Sekaligus Meriahkan HUT Kota Kupang

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Dalam rangka merayakan sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-138 Kota Kupang dan HUT ke- 28 Kota Kupang sebagai daerah otonom, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Kupang akan menggelar event Koepan Festival 2024. Event tahunan ini juga akan melibatkan berbagai stakeholder termasuk Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) dan kabupaten-kabupaten di daratan Timor dan Kabupaten Rote Ndao, Sabu Raijua dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Josephina Seran Gheta mengatakan, Festival Koepan akan digelar pada 22-23 April bertempat di Alun-alun Kota Kupang. Untuk tema Festival Koepan 2024 yaitu 'Local Culture is the Tourism Future'. Tema ini mengartikan bahwa Kota Kupang sebagai Kota dengan multi etnis yang bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan multi etnis yang ada di Kota Kupang.

"Festival Koepan ini pun bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya lebih mencintai adat dan budaya sendiri. Selain itu, festival ini juga sebagai wadah edukasi bagi kaum milenial dan generasi Z agar lebih mengenal budaya NTT," jelasnya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini juga akan melibatkan pelaku ekonomi kreatif. Sementara untuk lomba tari kreasi yang memperebutkan piala bergilir yang kemarin dimenangkan oleh SMP Adi Sucipto.

"Untuk lomba tari kreasi ini tidak dibatasi. Artinya, semua boleh ikut terlibat dengan kriteria usia antara 13 sampai 25 tahun. Jadi, dari sekolah, sanggar tari, kelurahan dan kelompok-kelompok tari lainnya bisa ikut mendaftar untuk menjadi peserta dalam lomba ini," katanya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (25/3).

Untuk pendaftaran, kata dia, sudah dibuka dan peserta bisa langsung datang ke Kantor Dinas Pariwisata Kota Kupang atau dapat menghubungi narahubung yang tertera dalam flyer yang telah disebar.

Dinas Pariwisata Kota Kupang juga mengundang Dinas Pariwisata Rote Ndao, Sabu Raijua dan Dinas Pariwisata di kabupaten di daratan Timor. Selain itu, Dinas Pariwisata Kota Kupang juga mengundang Pemerintah Timor Leste melalui Kementerian Muda, Seni dan Budaya untuk hadir dalam acara ini.

"Lomba ini terbuka untuk umum dan dari mana saja bisa datang dan mendaftar, untuk memeriahkan acara ini," tambahnya.

Josephina menjelaskan, acara ini juga akan dimeriahkan dengan tarian massal, life musik, dan mural. Jadi masyarakat yang hadir dalam acara ini bisa langsung memesan gambar dan melihat langsung proses pembuatannya oleh para profesional, juga ada fotografer yang jasa mereka juga bisa dipakai.

"Hal ini untuk membuktikan bahwa kemampuan anak-anak Kota Kupang dama bidang seni pun sangat bagus, dan masyarakat Kota Kupang diundang untuk datang dan saksikan secara langsung dan ramaikan acara ini," ucapnya.

Dia mengatakan, tagline dari Dinas Pariwisata adalah ekonomi kreatif bangkit pasti Pariwisata maju. "Sehingga kegiatan ini juga sebagai salah satu wadah untuk memberikan ruang bagi pelaku-pelaku ekonomi kreatif untuk bangkit dan bisa terus eksis," ungkapnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat menarik jumlah kunjungan dari wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. (thi/gat)

  • Bagikan