KELELAHAN BUKAN ALASAN

  • Bagikan
NET BAKAL SENGIT. gelandang City, Phil Foden berduel dengan Bek Aston Vila, Ezri Konsa.

Manchester City vs Aston Villa

MANCHESTER,TIMEX.FAJAR.CO.ID – Pep Guardiola menganggap Liverpool FC (LFC) yang memuncaki klasemen (67 poin, 29 laga) sebagai favorit juara di Premier League musim ini. Pep juga menganggap peringkat kedua Arsenal (65 poin, 29 laga) sebagai pesaing LFC dan mengesampingkan peluang tim asuhannya, Manchester City (64 poin, 29 laga).

Sekilas itu seperti pengakuan Sang Filsuf –julukan Pep– bahwa dirinya sudah menyerah pada musim ini. Pep sudah frustrasi karena dua bulan menuju akhir musim, City mendapatkan agenda yang padat dan telah membuat anak asuhnya kelelahan. Sepanjang April, misalnya, City melakoni sembilan laga dalam rentang waktu 29 hari.

Tensi laga juga cukup berat. Seperti dua leg melawan Real Madrid dalam perempat final Liga Champions pada 10 April (Estadio Santiago Bernabeu) dan 18 April (Stadion Etihad). Lalu, pada 20 April, City harus menghadapi Chelsea dalam semifinal Piala FA di Stadion Wembley.

Dini hari nanti Kevin De Bruyne dkk juga sudah ditunggu klub yang berhasil mempecundanginya pada matchweek ke-15 (kalah 0-1 di Villa Park) sekaligus peringkat keempat, Aston Villa (siaran langsung mOji/Champions TV 6/Vidio pukul 02.15 WIB).

Gareth Barry, mantan pemain City dan Villa, dalam ulasannya menyebutkan, laga dini hari nanti tidak berpihak kepada The Citizens, julukan City. ”Kelelahan jangan dijadikan alasan. Mereka (City) harus mengembalikan level permainan ke level tertinggi,” tuturnya di Birmingham Live.

Barry yang memperkuat Aston Villa pada periode 1998–2009 dan City pada 2009–2014 melihat bagaimana City sulit membongkar pertahanan rapat Arsenal seiring laga berakhir tanpa gol (31/3).
Hal serupa bisa terulang seandainya tactician Aston Villa Unai Emery sukses menerapkan strategi yang sama seperti di Villa Park.

”Menghadapi City, khususnya dalam laga tandang, akan sangat sulit. Tapi, hal itulah yang sangat memotivasi kami (untuk menang, Red),” tutur Emery di laman resmi klub.

Sementara itu, Pep masih mengeluhkan jadwal tidak adil bagi timnya. Bertemu LFC, Newcastle United, Arsenal, dan Aston Villa dalam empat matchweek terakhir hanya menguntungkan stasiun televisi pemegang hak siar.

”Pengalaman tidak akan membantu kami (dalam mengatasi kelelahan, Red),” ucapnya dalam pre-match press conference kepada BBC. (ren/dns/jpg/rum)

  • Bagikan