Masyarakat Kota Kupang Sudah Dewasa Dalam Berpolitik

  • Bagikan
LINDA MAKANDOLOE/TIMEX LEPAS JALAN SEHAT. Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay melepas peserta jalan sehat pada peluncuran tahapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Kupang tahun 2024 di jalan El Tari, Sabtu (27/4).

Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang menggelar peluncuran tahapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Kupang tahun 2024 saat car free day (CFD) di jalan El Tari, Sabtu (27/4).

Peluncuran ditandai dengan pelepasan 10 burung merpati oleh Ketua KPU Kota Kupang, Ketua KPU Provinsi NTT, Ketua Bawaslu Kota Kupang, Penjabat Wali Kota Kupang, Plt Sekda Kota Kupang, Kapolresta Kupang Kota, Kejari Kupang, Dandim 1604/Kupang, perwakilan DPRD Kota Kupang serta perwakilan masyarakat.

Ketua KPU Kota Kupang, Ismail Manoe pada kesempatan itu mengatakan, pelaksanaan pilkada tahun 2024 dengan konsep kemeriahan. Ia mengajak seluruh warga Kota Kupang agar menyambut pemilihan wali kota dan wakil wali kota Kupang rahun 2024 dengan kemeriahan.

“Meskipun ada kompetisi, jangan membuat kita terpola atau terpecah belah,” harapnya.

Menurut Ismail, ada ungkapan kuno, mens sana in corpore sano yang artinya dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Mudah-mudahan dalam tubuh yang sehat dapat berpikir jernih dan waras. Sehingga dalam menghadapi konstelasi pilkada Kota Kupang tahun 2024 dapat berlangsung dengan baik.

Sementara, Ketua KPU Provinsi NTT, Jemris Fointuna menyampaikan, pada bulan Mei mendatang ada tahapan, di mana KPU akan menerima dukungan calon perseorangan.

Di Kota Kupang informasi ada beberapa calon perseorangan yang sudah berkonsultasi. Mudah-mudahan semua persyaratan terpenuhi sehingga bisa ikut berkompetisi dalam pilkada Kota Kupang.

Dikatakan, untuk partai politik proses pendaftarannya akan dilakukan tanggal 27 Agustus mendatang. Itupun ada persyaratannya minimal pasangan calon mendapatkan dukungan 20 persen dari partai politik. Kali ini proses pendaftaran peserta pilkada berlangsung sebelum pelantikan anggota DPRD Kota Kupang yang baru, maka hasil pemilu yang digunakan untuk menghitung alokasi kursi menggunakan hasil pemilu 2024.

Tahapan pilkada sudah berjalan. Suksesnya pelaksanaan pilkada tergantung membangun kolaborasi semua elemen yang ada.

”Kehadiran semua elemen hari ini (Sabtu, red) saya optimis pelaksanaan pilkada Kota Kupang akan berjalan dengan lancar dan aman,” ungkap Jemris.

Ia berharap kolaborasi semua elemen masyarakat dapat menyukseskan pelaksanaan pilkada.

Dikatakan, belajar dari pengalaman pilkada-pilkada sebelumnya ada sedikit dinamika ketika pilkada itu berlangsung, tapi masyarakat Kota Kupang sudah sangat dewasa dalam berpolitik. Sehingga semua problem yang dihadapi dapat diselesaikan dengan demokratis.

“Jika ada problem, mari kita selesaikan dengan bijak. Tidak perlu baku marah sampai berlarut-larut,” harap Jemris.

Sedangkan Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay pada kesempatan itu menyampaikan, pelaksanaan pilkada tahun 2024 serentak dilaksanakan di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota termasuk Kota Kupang.

“Terima kasih kepada semua penyelenggara pemilu yang telah bekerja secara profesional dan independen menyukseskan pelaksanaan pemilu, juga dukungan dari semua elemen. Harapan yang sama dalam pelaksanaan pilkada tahun 2024 semoga semua proses berjalan lancar dan sukses,” kata Fahrensy. (dek/ays)

  • Bagikan